iklan header

Keuntungan dari Penggunaan Blog di Tempat Kerja

Keuntungan dari Penggunaan Blog di Tempat Kerja


Maswisnu.com - Keuntungan dari Penggunaan Blog di Tempat Kerja - Pengenalan Web 2.0 memberi perusahaan peluang untuk langsung berinteraksi dan bertukar ide dengan basis pelanggan yang lebih besar. Blog atau web blog, sering kali dipandang sebagai buku harian digital, telah menjadi alat media sosial bagi organisasi yang ingin mendorong kolaborasi internal antar karyawan serta hubungan dengan calon konsumen.

Beberapa keuntungan menggunakan blog di tempat kerja termasuk peningkatan kreativitas, lebih banyak ide pengembangan produk, pemasaran hemat biaya, dan tingkat keterlibatan karyawan yang lebih tinggi.

Blog yang sering kita dengar adalah blogger, platform dari google yang gratis inilah yang sering kita dengar dan banyak orang menggunakan blogger ini sebagai website pribadi atau blogperusahaan, untuk cara penggunaanya atau cara buat blog nya bisa baca di tutorial cara buat blog dengan blogspot.

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan dari penggunaan blog di tempat kerja anda, yakni sebagai berikut:

  • ·         Berbagi pengetahuan


Stern College of Business di New York University menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2011 yang mengungkapkan bahwa blogging di tempat kerja meningkatkan berbagi pengetahuan. Lebih banyak karyawan cenderung memiliki akses ke informasi yang sama dan dapat saling bertukar ide.

Keuntungan dari peningkatan berbagi pengetahuan adalah tingkat output atau produktivitas yang lebih tinggi. Karyawan yang memiliki akses ke informasi tentang cara kerja internal perusahaan mungkin merasa lebih diikutsertakan. Mereka juga mungkin terinspirasi untuk mengambil tindakan atas pengetahuan itu atau mengembangkannya lebih lanjut.

  • ·         Peningkatan Profitabilitas


Perusahaan yang mengembangkan dan mendorong penggunaan blog menemukan bahwa ada imbalan finansial - yaitu peningkatan profitabilitas. Lebih dari dua pertiga responden dalam survei di seluruh dunia yang dilakukan oleh McKinsey and Co. mengalami pendapatan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah.

Blog memungkinkan perusahaan untuk mendistribusikan informasi dan mempromosikan produk atau layanan kepada audiens yang lebih besar.

Media blog juga menghilangkan beberapa gangguan yang terkait dengan bentuk periklanan tradisional. Perbedaan penting lainnya dari blog adalah interaktif. Pelanggan potensial biasanya mengambil inisiatif untuk mencari dan menanggapi pesan perusahaan.

Baca Juga: Manfaat Blog di Dunia Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar

Apakah penggunaan blog juga memberikan keuntungan dalam pengembangan produk anda?


  • ·        Pengembangan produk


Blog dapat menjadi alat bagi perusahaan untuk mengembangkan produk baru atau peningkatan untuk yang sudah ada. Selain mengundang umpan balik dari pengguna produk atau layanannya saat ini, perusahaan yang menggunakan blog dapat menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif.

Karyawan yang bekerja di lokasi yang berbeda memiliki cara yang efisien, lebih mudah untuk bertukar ide dan menemukan solusi untuk tantangan pasar yang dihadapi perusahaan mereka.

Sebagai contoh, produsen makanan dapat menggunakan blog untuk mengadakan kontes untuk ide-ide tentang lini baru makanan ringan yang ditujukan untuk remaja.

  • ·        Riset Pasar


Cara yang lebih konvensional dalam melakukan riset pasar mencakup kelompok fokus, survei langsung, dan pengujian produk. Keuntungan lain menggunakan blog di tempat kerja adalah perusahaan dapat mengidentifikasi berbagai segmen pasar berdasarkan lalu lintas dan umpan balik Internet.

Salah satu cara blog dapat melakukannya adalah dengan meminta pelanggan mengisi profil online. Misalnya, situs yang menghargai pelanggan berdasarkan pembelian produk dan aktivitas online mungkin mengharuskan pelanggan membuat nama pengguna dan kata sandi terdaftar.

Proses pendaftaran memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi demografis dan preferensi individu.

  • ·       Mempelajari hal-hal baru


Saat mencoba mengartikulasikan pemikiran Anda dalam format yang dapat dibaca, Anda akan memaksa diri Anda untuk mempertimbangkan konsep baru dan Anda mungkin akan meneliti berbagai topik untuk mendukung klaim Anda.

Itu berarti Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, dan Anda akan meningkatkan pengetahuan Anda di berbagai bidang.

  • ·        Mengembangkan keterampilan komunikasi Anda


Blogging secara teratur memaksa Anda untuk memikirkan tentang struktur kalimat Anda dan bagaimana Anda berkomunikasi dengan orang lain . Dengan latihan yang cukup, prosesnya akan datang secara alami kepada Anda, dan Anda akan menemukan diri Anda menjadi komunikator yang lebih baik di semua bidang lain dalam hidup Anda.

Misalnya, Anda akan dapat menulis email yang lebih baik, mengadakan percakapan yang lebih baik, dan bahkan memahami orang lain pada tingkat yang lebih dalam dan mendasar.

Demikian artikel tentang Keuntungan dari Penggunaan Blog di Tempat Kerja, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel