iklan header

Panduan Terlengkap Cara Membuat Blog Dengan Blogger - Tutorial Blog Maswisnu.com



Cara Membuat Blog Dengan Blogger - Saat ini blog merupakan salah satu platform terbaik sebagai media untuk bertukar informasi. Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir seluruh orang di dunia banyak yang mencari kebutuhan informasi mereka melalui internet.

Tidak hanya sebagai media untuk bertukar informasi saja. Blog juga bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan lain, seperti media promosi, media belajar, dan bahkan bisa untuk menghasilkan uang secara online.

Bagi Anda yang tertarik membuat blog untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Dalam pembahasan artikel terbaru kali ini, kami telah menyajikan tata cara lengkap cara membuat blog dengan Blogger terbaru saat ini.

Berikut ini merupakan beberapa tahapan yang harus Anda lakukan dalam pembuatan blog menggunakan layanan Blogger.

Tata Cara Membuat Blog Dengan Blogger

1. Kunjungi Situs Blogger

Sebelum membuat blog, pastikan Anda telah memiliki akun Gmail agar bisa menggunakan layanan Blogger. Jika belum memilikinya, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu melalui alamat berikut, https://accounts.google.com/signup.

Namun, jika Anda sudah memilikinya atau telah melakukan pendaftaran. Silahkan kunjungi halaman Blogger melalui alamat berikut, https://www.blogger.com/.

Setelah mengunjungi alamat Blogger tersebut, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman seperti dalam gambar di bawah ini, lalu klik tombol “Buat Blog”.


2. Login Dengan Menggunakan Gmail

Setelah mengklik tombol “Buat Blog” seperti yang telah kami jelaskan pada langkah nomor 1. Selanjutnya, Anda di haruskan untuk login dengan menggunakan Gmail.

Isikan dengan benar data username dari akun Gmail Anda, kemudian klik tombol “Berikutnya”.

Setelah mengisi username Gmail, kemudian masukan password Gmail Anda dengan benar, lalu klik tombol “Berikutnya”.


3. Isi Nama Blog Sesuai Dengan yang Anda Inginkan


Isi nama blog sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Setelah itu klik tombol “BERIKUTNYA”.


4. Tentukan URL Blog Anda

Buatlah nama alamat yang menarik untuk blog Anda agar lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Setelah menentukan nama alamat yang tepat untuk blog Anda, selanjutnya klik tombol “BERIKUTNYA”.



5. Konfirmasi Nama Tampilan Anda Sebagai Pemilik Blog

Konfimasi nama Anda dalam kolom yang tersedia pada halaman seperti dalam gambar di bawah ini.


Nama tersebut digunakan untuk melengkapi profil Anda sebagai pemilik blog. Setelah melakukan konfirmasi nama tampilan untuk blog Anda, kemudian klik tombol “SELESAI”.

6. Isi Konten

Di bawah ini merupakan gambar tampilan awal yang menandakan bahwa Anda telah selesai membuat sebuah blog.




Dalam langkah ini, blog Anda telah siap untuk digunakan. Namun, belum memiliki konten apapun untuk ditampilkan. Oleh karena itu, kami juga akan memberikan sedikit panduan untuk mengisi konten di blog Anda.

Untuk mulai melakukan isi konten tekan tombol yang bertuliskan “+ POSTINGAN BARU”. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman seperti dalam gambar di bawah ini.





Isilah judul serta isi pembahasan artikel yang akan dijadikan konten untuk blog Anda seperti yang telah kami contohkan dalam gambar tersebut.

Setelah Anda selesai membuat pembahasan artikel untuk konten blog, kemudian klik tombol berwarna orange yang bertuliskan “Publikasikan”.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke tampilan seperti dalam gambar di bawah ini.



Klik tulisan “KONFIRMASI” dan kemudian Anda akan diarahkan ke halaman seperti dalam gambar berikut ini.




Untuk melihat pembahasan artikel yang telah Anda buat sebelumnya. Klik icon yang telah kami tandai dengan tanda panah warna merah pada gambar di atas.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman seperti dalam gambar di bawah ini.