Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana proses penyusunan kalender islam

Maswisnu.com - Situs pendidikan nomer satu yang membahas dan memberikan kunci jawaban dengan pembahasan serta penjelasan yang lengkap, Pada Pertanyaan " Bagaimana proses penyusunan kalender islam" dimana pertanyaan tersebut telah kami jawab di bawah ini dengan jawaban yang di anggap paling benar dan tepat.

Bagaimana proses penyusunan kalender islam ?​

proses-penyusunan-kalender-islam ?​


JAWABAN:

Kalender Hijriah adalah Suatu sistem penanggalan bagi umat Islam yang didasarkan dengan  siklus peredaran perputaran  bulan terhadap bumi.

 Penyusunan Kalender Islam

  • Dalam  Satu bulan hijriah  penanggalan ini terdiri atas 29 atau 30 hari, sehingga dalam satu tahunnya terdapat 354 hari.
  • Dalam Satu tahun kalender Hijriah terdiri atas 12 bulan yakni dari pertama sampai ke-12 adalah 1.Muharam, 2.Safar, 3.Rabiul Awal, 4.Rabiul Akhir, 5.Jumadil Awal, 6.Jumadil Akhir, 7.Rajab, 8.Syakban, 9.Ramadhan, 10.Syawal, 11.Zulkaidah, dan 12. Zulhijah.
  • Dalam sistem  penanggalan bulan  hijriah hari/tanggal dimulai setelah matahari terbenam.
  • Nama “hijriah” sendiri terkait dengan penentuan tahun pertama sistem kalender ini, yaitu pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.
  • Dalam kalender Masehi, itu terjadi pada tanggal 15 Juli 622 M yang jatuh di hari Kamis

Pembahasan dan Penjelasan

Perlu kamu ketahui bahwa pertanyaan Bagaimana proses penyusunan kalender islam ?​ yang saya berikan merupakan jawaban dengan pembahasan dan penjelasan lengkap.

Jawaban dari pertanyaan "Bagaimana proses penyusunan kalender islam ?​ yang saya berikan melalui proses moderasi para tim ahli di bidangnya.

Yang dimana pertanyaan Bagaimana proses penyusunan kalender islam ?​ Telah  melewati proses pengkajian untuk menemukan jawaban paling benar dan akurat.

Kesimpulan

Jadi anda jangan meragukan lagi jawaban dari pertanyaan Bagaimana proses penyusunan kalender islam ?​ yang kami publikasikan.