Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemikiran Robert Owen dalam bukunya A New View Society, An Essay on The Formation of Human Character 1813

Robert Owen adalah pemikir utama sosialisme utopis, juga dianggap sebagai bapak gerakan koperasi dan Owen juga adalah pengusaha yang sukses. Robert Owen berpendapat untuk meningkatkan taraf hidup para pekerja, Robert Owen mengemukakan bahwa lingkungan sosial memiliki pengaruh dalam membentuk watak manusia, dengan demikian kesejahteraan hidup manusia atau pekerja perlu diperhatikan dan ditingkatkan.

Robert Owen pada mulanya adalah seorang pengikut liberal klasik dan utilitarianisme, paham milik Jeremy Bentham yang meyakini bahwa pasar bebas, khususnya hak pekerja untuk bekerja dan memilih majikan mereka karena dengan begitu mereka akan terbebas dari kuasa kapitalis yang berlebihan. Akan tetapi Robert Owen kemudian lebih memilih mengembangkan pemikirannya sendiri yang pro sosialis dan di samping itu, Owen memiliki kritik terhadap sistem pendidikan gereja di Inggris dan kemudian mendirikan sistem pendidikannya sendiri.

Kejayaan terbesar dari Robert Owen adalah usahanya memperjuangkan sistem pendidikan anak-anak dan prinsip pengasuhan anak-anak, dengan menganalisis pengaruh apa yang mengawali membentuk watak (tingkah laku) yang baik. Dan pemikirannya Robert Owen ini tertuang dalam bukunya yang berjudul. A New View Society, An Essay on The Formation of Human Character (Pandangan baru terhadap masyarakat: atau karangan tentang prinsip pembentukan watak manusia, terbit tahun 1813). Dimana dalam bukunya ini merupakan esai pertama dari empat esai yang dituliskan dan terbitkan olehnya.

Dalam bukunya ini Robert Owen menjelaskan prinsip-prinsip falsafahnya yang bersifat sosialistik dan reformis. Menurut Robert Owen, pembentukan watak manusia terbentuk dari keadaan-keadaan di luar dari kendali individu tersebut, oleh karena itu individu tidak semestinya dipuji bahkan dipersalahkan atas tingkah laku atau situasi hidup mereka. 

Nah, atas prinsip inilah Owen menyimpulkan bahwa rahasia dibalik terbentuknya watak yang baik terletak di bawah pengaruh lingkungan sekitar dari segi fisikal, moral dan sosial dari usia termuda (anak-anak). Pengertian terhadap sikap bertanggungjawab manusia serta kesan dan pengaruh awal terkait pembentukan watak individu inilah yang menjadi asas pemikiran yang dibangun dan menjadi pegangan setiap pelaku sistem pendidikan dan sistem pembaharuan sosial hingga zaman sekarang.

Berbekal pengalaman dan pengamatan dari dirinya sendiri, maka pandangan Owen ini dinilai sebagai pemikiran mengenai sifat manusia yang paling awal dan paling asas penting dalam ilmu tentang masyarakat yang kemudian berkembang dengan pesat sampai sekarang.


Di samping itu, selain pemikiran mengenai sifat manusia, Owen yang merupakan pengikut sosialis juga membicarakan tentang buruh atau para pekerja. Salah satu yang menjadi kontribusinya ialah mengenai usulan jam kerja para buruh dimana tuntutannya adalah delapan jam kerja dan delapan jam istirahat pada tahun 1810. Demikianlah informasi mengenai profil dan pemikiran dari tokoh, filsuf yang bernama Robert Owen.

Sumber https://www.atomenulis.com/