Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Artikel Susah Terindex Google

Maswisnu.comPenyebab Artikel Susah Terindex Google.Sebagai blogger atau pembuat artikel, Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana artikel yang Anda buat tidak muncul di Google atau muncul sebelumnya tetapi tiba-tiba tidak muncul di hasil pencarian Google.

Ini bisa dibilang sangat merugikan karena Anda akan kehilangan lalu lintas yang ada ke artikel itu atau Anda hanya membuang-buang waktu membuat artikel yang tidak terindeks di Google.


Perhatikan bahwa mesin pencari paling populer di dunia saat ini adalah Google sebesar 98% dan mesin pencari lainnya seperti Bing sebesar 2%. Jadi, jika Anda membuat artikel yang tidak muncul di SERP Google, Anda akan kehilangan banyak lalu lintas.


Untuk memeriksa apakah artikel Anda muncul di hasil pencarian Google, Anda dapat menambahkan site: sebelum URL artikel Anda. Misalnya situs: URL blog Anda.


Nah untuk mengetahui kenapa artikel tidak muncul di Google, kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini. Kami akan membahas beberapa alasan mengapa artikel tidak muncul di hasil pencarian Google atau deindex Google dan cara memperbaikinya.


Deindex Google adalah saat Anda membuat artikel atau halaman yang tidak diindeks oleh Google dan mengakibatkan artikel tersebut tidak muncul di SERP Google. Juga, jika sebuah artikel muncul di SERP tetapi kemudian tiba-tiba menghilang, itu juga bisa disebut Google Deindex.


Jika Anda terus melakukan ini tanpa mengetahui sumber masalahnya, situs web Anda perlahan akan kehilangan banyak lalu lintas dan berpotensi merugikan bisnis Anda.


Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa artikel tidak muncul di hasil pencarian Google. Tentu saja, alasan utamanya bisa jadi karena situs atau artikel Anda melanggar aturan Google, seperti menyalin dan menempelkan konten dari situs lain. Jadi, lihat di bawah mengapa artikel tidak muncul di Google secara keseluruhan.


Simak beberapa poin penyebab artikel tidak muncul di hasil pencarian Google yang perlu Anda waspadai dan hindari. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah cara mengatasi masalah ini dan cara pencegahannya.


Perhatikan bahwa di WordPress, ada konfigurasi yang mengontrol tampilan situs di mesin telusur. Anda dapat mengatur apakah situs web Anda dapat dirayapi oleh mesin telusur. Jika tidak, situs tersebut tidak akan muncul di SERP Google.


Konfigurasi ini biasanya digunakan saat membuat atau memperbaiki situs agar situs tidak muncul pertama kali di hasil pencarian.


Kemungkinan alasan artikel tidak muncul di Google mungkin karena konfigurasi diaktifkan, mencegah Google merayapi situs.


Penyebab Artikel Susah Terindex Google

Penyebab Artikel Susah Terindex Google



Cara Mengatasi:


Teman-teman yang menggunakan WordPress bisa terlebih dahulu masuk ke halaman dashboard WordPress. Kemudian buka Pengaturan - Membaca. Pada halaman di bagian "Visibilitas Mesin Pencari", pastikan tidak dicentang.


Perhatikan bahwa ada dua jenis konten salin-tempel, yang pertama adalah menyalin-menempelkan konten dari situs Anda sendiri, dan yang kedua adalah menyalin-menempelkan konten dari situs orang lain.


Untuk melakukan ini, Anda terlebih dahulu membuat konten artikel di situs web Anda dengan konten yang Anda buat sebelumnya atau konten yang sama. Ini biasanya ditemukan ketika Anda memperbarui konten artikel dengan URL baru. Google tidak mengizinkan 2 URL berbeda untuk konten yang sama persis.


Yang kedua adalah menyalin dan menempelkan semua konten artikel di situs web orang lain, dan kemudian mempublikasikannya di situs web Anda sendiri. Ini sangat dilarang dan Google melarangnya. Google dapat menemukan, mendeteksi, dan membedakan artikel mana yang ditulis sendiri dan konten mana yang diperoleh dari konten copy-paste dari situs web orang lain.


Cara Mengatasi:


Ada 2 solusi atau metode untuk mengatasi masalah ini.


Redirect adalah transfer akses dari domain lama ke domain baru. Ada dua jenis redirect, yang pertama Redirect 301 dan yang kedua Redirect 302.


1. Pengalihan 301 adalah pengalihan permanen dari URL lama ke URL baru.


2. Pengalihan 302 adalah pengalihan sementara dari URL lama ke URL baru.


Dalam hal ini, kami menyarankan Anda menggunakan redirect 301.


Jangan khawatir jika Anda tidak tahu cara mengarahkan ulang. Jika Anda adalah pengguna WordPress, Anda dapat menginstal plugin RankMath atau redirect.


Satu-satunya cara untuk menghindari masalah duplikat konten seperti ini yang mencegah artikel Anda muncul di Google adalah dengan membuat konten Anda sendiri tanpa copy-paste. Cobalah untuk membuat konten orisinal yang unik, menarik, dan bermanfaat.


Saat membuat situs web atau blog, Anda harus menghindari menyalin dan menempelkan konten artikel dari situs web lain. Jika Anda terus melakukan ini, Google akan mengetahuinya dan artikel tersebut tidak akan muncul di Google. Juga, situs web Anda mungkin berjuang untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google.


Mungkin Anda belum tahu apa itu keyword stuffing sebelumnya. Isian kata kunci adalah teknik SEO yang tidak lagi digunakan saat ini. Mengapa? Karena cara kerjanya bertentangan dengan aturan Google. Anda hanya menulis 400 hingga 500 kata konten artikel, lalu Anda memasukkan terlalu banyak atau kata kunci yang tidak biasa dengan harapan pencarian kata kunci tersebut akan menempati peringkat di halaman pertama.


Artikel dengan kata kunci yang terlalu banyak dan tidak ada perubahan mungkin menjadi alasan turunnya peringkat ke posisi terbawah, atau kemungkinan besar artikel tersebut mungkin tidak muncul di mesin pencari atau deindex Google.


Cara Mengatasi:


Untuk menghindari masalah karena sufiks kata kunci, coba gunakan beberapa variasi kata kunci Anda. Kami memberikan contoh kata kunci utama, "Pedoman Pengalihan 301", sehingga Anda dapat menggunakan kata kunci utama tersebut untuk menggunakan kata kunci terkait lainnya seperti "Cara mengalihkan 301" atau "Langkah sederhana untuk mengalihkan 301", dll. Buatlah kata kunci yang bervariasi agar artikel terlihat biasa saja.


Apa itu siluman? Penyamaran itu sendiri didefinisikan sebagai penyamaran atau membawa pengguna Google ke situs web yang berbeda dari yang mereka klik sebelumnya di SERP atau hasil pencarian. Anda mungkin pernah menemukan situasi di mana, misalnya, Anda mencoba membuka situs perjalanan Google, hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak pergi ke situs perjalanan, tetapi ke situs perjudian.


Ini biasanya terjadi karena peretasan. Salah satu alasan peretas melakukan ini adalah mengarahkan pengunjung ke situs web yang diinginkan peretas.


Cara Mengatasi:


Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memindai situs Anda dengan alat Google Search Console. Anda dapat mengetahui halaman mana yang mengalami masalah di situs Anda, dan Anda dapat mulai mencoba memperbaikinya.


Jika Anda adalah pengguna WordPress, Anda juga dapat menggunakan plugin seperti WordFence atau SecuPress.


Link building merupakan teknik SEO yang masih digunakan untuk meningkatkan reputasi sebuah website. Jika Anda mendapatkan banyak backlink dari situs web yang dapat diandalkan, kemungkinan besar ketika Anda membuat artikel, artikel itu lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian.


Namun, jika ternyata Anda menggunakan situs web berkualitas buruk untuk membuat tautan, itu bisa berbahaya. Situs Anda mungkin tidak muncul di mesin pencari Google.


Cara Mengatasi:


Anda dapat mencoba menggunakan alat Google Search Console untuk memeriksa situs mana yang menyediakan backlink. Situs mana yang Anda temukan terindikasi berkualitas buruk atau tidak jelas. Jika Anda menemukan beberapa, segera tolak.


Jenis situs yang perlu Anda hindari termasuk tautan direktori, jaringan blog pribadi (PBN), dan kumpulan tautan situs.


Jika domain website Anda sudah tidak aktif lagi, domain tersebut akan otomatis terhapus dan dampaknya terhadap website Anda akan hilang karena tidak memiliki alamat untuk mengaksesnya.


Bagaimana memperbaikinya:


Gunakan kalender di ponsel cerdas Anda dan catat kapan Anda perlu memperbarui domain. Hosting dan penyedia domain biasanya selalu memberikan notifikasi email kepada pelanggannya saat terakhir kali Anda harus memperbarui tanggal kedaluwarsa domain.


Ini adalah hal yang sangat penting dan Anda tidak dapat mengontrolnya. Jika server situs Anda tidak aktif untuk waktu yang lama, ini dapat menyebabkan situs tersebut menghilang dari SERP.


Cara Mengatasi:


Ini benar-benar di luar kendali Anda, tetapi Anda dapat mengurangi risiko ini dengan menggunakan penyedia hosting berpengalaman dengan uptime terbaik.


Kami menyarankan Anda menggunakan VPS SSD Linux Exabytes, yang merupakan salah satu yang terbaik dalam kecepatan dan kinerja. Exabytes memiliki waktu aktif server 99,99% setiap tahun dan juga menawarkan jaminan uang kembali.


Saat ini, Google selalu memperbarui algoritma atau sistemnya untuk kenyamanan pengguna Google. Jika artikel atau situs web Anda sebelumnya bagus, situs web Anda mungkin tiba-tiba menghilang atau diindeks ulang setelah pembaruan Google.


Cara Mengatasi:


Dari saran kami, gunakan cara yang wajar untuk meningkatkan lalu lintas dan selalu ikuti aturan Google. Anda dapat membaca artikel kami tentang cara memperbarui algoritma Google terbaru. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka Anda bisa mencoba mengubah atau memperbarui artikel Anda agar sesuai dengan peraturan tersebut.


Anda dapat menemukan informasi tentang ini di Log Mesin Pencari, Blog Alexa.


Salah satu alasan mengapa artikel tidak muncul di Google bisa jadi adalah malware di situs tersebut. Misalnya, peretas dengan sengaja menyebarkan malware.


Oleh karena itu, untuk tujuan keamanan pengguna, Google dapat mencegah situs Anda dimasukkan dalam SERP atau deindex karena situs Anda terindikasi memiliki malware.


Cara Mengatasi:


Anda dapat menggunakan alat Google Search Console untuk melihat halaman mana yang terindikasi memiliki malware. Jika Anda menemukan masalah, Anda dapat memperbaikinya. Saran kami adalah memastikan situs web Anda selalu dilindungi SSL. Jika website Anda belum menggunakan SSL, Anda dapat membeli SSL.


Berikut pembahasan kami tentang apa yang menyebabkan deindex atau artikel Google tidak muncul di Google. Jika artikel di situs Anda tiba-tiba tidak muncul di Google, Anda dapat memeriksa apa yang kami sebutkan di atas.


Terakhir, jika Anda ingin mempercepat artikel atau halaman muncul di Google, Anda dapat menyalin URL artikel dan meminta Google untuk mengindeks URL tersebut. Langkahnya pilih Inspeksi URL - masukkan URL yang ingin diindeks, lalu pilih Request Indexing.


Terima kasih kepada semuanya yang telah selesai mendengarkan artikel ini, semoga konten ini bermanfaat bagi Anda dan dapat menyelesaikan masalah Anda tentang Google deindex.

Posting Komentar untuk "Penyebab Artikel Susah Terindex Google"