Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung, Biar Gak Sesak Lagi!

Banyak pengguna HP Samsung jadul yang memori internalnya cuman 16GB atau 32GB, sering mengalami masalah dimana memori penyimpanan penuh, dan muncul notif seperti "Ruang penyimpanan hampir habis".

Mau lembiru pun tak bisa karena tidak punya uang untuk beli HP baru dengan memori lebih besar.

Tapi jangan khawatir, karena dalam artikel ini saya akan berikan 5 tips puntuk membersihkan memori internal HP Samsung kamu agar tidak penuh.

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

1. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cache adalah data sementara yang digunakan oleh aplikasi atau sistem untuk mempercepat proses pemuatan data. Cache yang menumpuk bisa menyebabkan memori penuh di HP Samsung.

Oleh karena itu, membersihkan cache secara rutin sehari sekali menjadi kewajiban jika kamu tidak ingin ruang penyimpanan hampir habis.

Untuk membersihkan cache, kamu bisa gunakan fitur Cleaner/Pembersih bawaan HP Samsung atau bisa juga memakai aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner.

2. Uninstall Aplikasi yg Jarang Dipakai

Jika di HP Samsung mu ada aplikasi yang tidak pernah dipakai, sebaiknya dihapus saja jika aplikasi tersebut tidak penting.

Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan ini hanya akan membuat memori internal sesak. Apalagi jika aplikasi tersebut sering berjalan di background, hanya akan membuat RAM terbebani.

Dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah digunakan, maka kamu bisa membersihkan penyimpanan yang hampir habis di HP Samsung.

3. Gunakan Aplikasi versi Lite

Aplikasi versi Lite merupakan alternatif yang dirancang khusus untuk ponsel dengan memori kecil, sering disebut sebagai HP kentang.

Ambil contoh dari Facebook. Dalam pencarian di Google Playstore, kita akan menemukan bahwa aplikasi Facebook asli memiliki ukuran file sekitar 130 MB.

Sebaliknya, Facebook Lite yang dirancang lebih ringkas, hanya berukuran sekitar 11 MB.

Hal serupa juga berlaku pada aplikasi populer lainnya seperti Messenger Lite, Twitter Lite, dan Instagram Lite. Versi lite ini menawarkan ukuran aplikasi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi utama mereka.

Menginstal aplikasi versi lite dapat menjadi strategi yang cerdas untuk mengelola keterbatasan ruang penyimpanan pada HP Samsung jadul seperti J2 Prime, J5, J7 Pro dan lain sebagainya.

Tapi perlu kamu ingat bahwa tidak setiap aplikasi memiliki versi lite, karena ini bergantung pada keputusan developer aplikasi tersebut.

4. Pindahkan Data ke Cloud Storage

Sederhananya, Cloud Storage adalah penyimpanan online.

Setiap pengguna HP Samsung pastinya punya akun google (gmail). Dengan Akun Google ini, kita bisa memanfaatkan layanan Cloud Storage milik Google, yakni Google Drive untuk menyimpan data secara gratis.

Kamu bisa mulai sekarang untuk memindahkan foto, video, dokumen dan file-file penting ke aplikasi Google Drive. Walaupun ada limit 15GB untuk pengguna gratisan, tapi bagi saya ini sudah cukup untuk menyimpan kebanyakan foto dan file penting.

Jika dirasa tidak cukup, kamu masih bisa bikin akun google kedua, ketiga, keempat dan seterusnya, dengan kapasitas 15GB setiap akun.

Tapi pastikan agar akun google yang kamu buat sudah terverifikasi nomor HP agar tidak dianggap spam.

Atau kamu juga bisa pakai alternatif lain selain, seperti Microsoft OneDrive, MEGA dan Dropbox.

5. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Selain menyimpan di Cloud Storage, kamu juga bisa menggunakan memori eksternal untuk memindahkan file dari HP Samsung. Disini pilihan memori eksternal ada beberapa macam:

  • Memori MicroSD
  • Flashdisk
  • Laptop atau PC
  • HDD atau SSD portable

Bedanya dengan Cloud Storage, memori eksternal di atas tidak membutuhkan koneksi internet, jadi tak perlu buang-buang kuota untuk upload file.

Namun perlu kamu ingat bahwa kamu harus menggunakan memori eksternal yang berkualitas, agar file yang disimpan tidak corrupt atau rusak.

Demikianlah 5 tips dari saya untuk mengatasi memori penuh pada HP Samsung kentang yang memiliki memori penyimpaman yang kecil.

Walaupun ada solusi lain seperti reset ke pengaturan pabrik, saya tidak menyarankannya karena jika ponselnya terlalu banyak direset, dikhawatirkan akan membuat eMMC lemah yang bisa bikin HP bootloop atau matot.

Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu masih bisa menjaga agar memori HP Samsung tidak penuh, sehingga kamu tidak perlu beli HP baru lagi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung, Biar Gak Sesak Lagi!"