Cara Cek Meteran Listrik Biar dapat Listrik Gratis dari Pemerintah

Maswisnu.com - Inilah cara mengecek meteran listrik kita, biar tau kita  mendapat gratis listrik dari pemerintah atau tidak?

Dikabarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menggratiskan pembayaran listrik sebanyak 24 juta masyarakat miskin. Penangguhan pembayaran konsumsi listrik berlaku untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA.

Pembebasan pembayaran listrik gratis berlaku selama tiga bulan yang dimulai April, Mei, dan Juni 2020. Artinya, tak ada tagihan listrik selama  3 bulan ke depan kusus bagi warga miskin sesuai kriteria tersebut.

Pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi, akan mendapatkan diskon tarif 50 persen, Sementara itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, pelanggan listrik prabayar golongan 450 VA dan 900 VA (subsidi) akan mendapatkan kompensasi PLN token listrik gratis selama 3 bulan ke depan.


Cara Mendapatkannya Bagaimana?

Ini Cara Paling mudah untuk mengetahui apakah meteran kita dapat diskon listrik atau gratisan listrik selama 3 bulan kedepan.

Cara Cek Meteran Listrik Biar dapat Listrik Gratis dari Pemerintah
Cara Cek Meteran Listrik Biar dapat Listrik Gratis dari Pemerintah

Dengan cara ini, dengan cara melihat daya listrik dirumah, dengan melihat langsung meteran listrik. Terdapat kode CL yaitu penanda bagi pelanggan yang di pasang meteran listrik di rumahnya.

PLN membagi meteran listrik dalam 5 jenis untuk pelanggan non industri dari yang paling rendah hingga paling tinggi. Dibawah ini kategori daya berdasarkan meteran rumah:

  • CL 2 = 450 KV
  • CL 4 = 400 KV
  • CL 6 = 1.300 KV
  • CL 10 = 2.200 KV
  • CL 16 = 3.500 KV

Dimeteran listrik kita terdapat switch saklar ON dan OFF nah di situlah terdapat kode CL berapa? yang sesuai dengan daftar diatas.

Demikian Cara Cek Meteran Listrik Biar dapat Listrik Gratis dari Pemerintah atau tidak, tergantung masing masing meteran di rumah anda.

Lalu bagaiaman cara melihat atau memasang meteran Golongan listrik 900 VA bersubsidi? atau cara memsang  Listrik dengan Golongan daya 450 V agar dapat listrik gratis?

Kesimpulan daripada kebijakan ini adalah bantuan Listrik Gratis selama 3 Bulan Untuk warga Miskin yang sudah terdaftar, yang memiliki daya listrik di rumahnya 450 V akan bebas listrik atau biayanya selama 3 bulan kedepan.

Kemudian untuk golongan warga dengan daya listrik 900 V yang bersubsidi baik pra bayar maupun pasca bayar akan mendapat dikon 50%. jadi warga dan masyarakat indonesia yang mempunyai daya listrik di luar kategori itu tidak mendapat diskon apa-apa, alias sama saja.

Lanjut Baca cara cek listrik subsidi dan non subsidi dan biaya pasang daya listrik 450 V dan 900 V subsidi.


Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Meteran Listrik Biar dapat Listrik Gratis dari Pemerintah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel