Cara Mendaftar Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone

Maswisnu.com - Beginilah Cara Mendaftar Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone atau melalui HP atau gadget kamu secara cepat dan mudah.

Badan Pusat Statistik ( BPS) memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 hingga 29 Mei 2020 mendatang. Hal itu berkaitan dengan kebijakan pembatasan kegiatan di luar rumah dan bertemu langsung  untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

BPS menyebutkan, hingga 31 Maret 2020 , sudah ada 32,4 juta masyarakat atau 12,5 persen dari total penduduk yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online yang dibuka sejak 15 Februari 2020 tersebut.

"BPS tidak pernah membuat aplikasi terkait Sensus. Untuk Sensus Penduduk Online hanya dapat diakses melalui http://sensus.bps.go.id," tulis BPS lewat akun Twitter resminya.

Jadi, memang benar, bahwa BPS tidak memebuatkan aplikasi kusus semacam di android untuk pengisian sensus penduduk 2020 secara online melalui aplikasi di PlayStore, namun jangan kawatir bro, kalian dapat mengakses melalui Handphone (HP)  kalian masing masing.

Oke kita simak langkah langkah berikut ini untuk pengisian dan pendaftaran Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone. Namun sebelumnya ada beberapa syarat yang harus di siapkan sebelum mendaftar dilaman website http://sensus.bps.go.id. Ini dia syarat nya.


Syarat Yang Dibutuhkan Untuk Pendaftaran Pengisian Sensus Online

1.Nomor KK
2.Nomor KTP/NIK  lengkap Suami Istri Beserta Anak
3.Siapkan Password


Langkah-Langkah Pengisian Sensus Penduduk 2020 Online dengan Smartphone

1.Akses Halaman sensus.bps.go.id Melalui browser di Hp Mu.
tampilan laman nya akan seperti ini jika diakses melalui HP.

Halaman Sensus Penduduk 2020 Online di akses melalui Smartphone
Halaman Sensus Penduduk 2020 Online di akses melalui Smartphone

2.Pilih Bahasa ( Gunakan Bahasa Indonesia Biar Mudah) kemudian  Scroll ke bawah, Masukan Nomor NIK dan KK yang sudah di siapkan. NIK atau KTP sebagai Kepala Keluarga.


Pengisian NIK dan KK di Sensus Penduduk Online 2020
Pengisian NIK dan KK di Sensus Penduduk Online 2020



3.Isi semua kolom yang ada lalu klik "Cek Keberadaan". Jika Benar Maka akan tampil halaman Seperti ini. Buat kata sandi atau  Password, pilih pertanyaan keamanan, lalu klik "Buat Password" untuk pengamanan data yang sudah Anda catatkan pada Sensus Penduduk Online.

Pembuatan Password di Sensus Penduduk Online 2020Pembuatan Password di Sensus Penduduk Online 2020






Pembuatan Password di Sensus Penduduk Online 2020


4.Mulai Pengisian Setelah Klik Buat Password, Masukkan Passwordi yang sudah dibuat, lalu klik "Masuk". Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik "Mulai Mengisi".

Pengisian di Sensus Penduduk Online 2020
Mulai Pengisian di Sensus Penduduk Online 2020.

5.Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. sampai dengan selesai.

Pengisian form Sensus Penduduk Online 2020
Pengisian form Sensus Penduduk Online 2020

6.Jika Semua data sudah di masukan, Kemudian Klik tombol lanjut paling bawah untuk pengisian data anggota keluarga lainnya, yang ada didalam KK.


Jika ada data yang salah dalam pengisian maka ada tampilan seperti ini dan segera perbaiki. klik icon pencil untuk memperbaiki.

Pengisian form Sensus penduduk online 2020 jika ada data yang salah.
Pengisian form Sensus penduduk online 2020 jika ada data yang salah.

6.Simpan Sementara jika data belum bisa dilengkapi atau mau ada perubahan nantinya, jika sudah benar maka klik "Kirim" .  Unduh atau download bukti pengisian kemudian selesai.


Itu tadi 6 Langkah Mudah Cara Pendaftaran dan pengisian Sensus Penduduk secara online Melalui Smartphone di tahun 2020, cukup mudah dan tidak ribet kan.

Cara Mendaftar Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone ini kalian bisa akses juga melalui Komputer Tablet atau Gadget lainya di rumah yang penting ada koneksi internet.

Sekian Cara Mendaftar Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone ini, terimakasih sampai jumpa di artikel berikutnya, Salam.


  










Belum ada Komentar untuk "Cara Mendaftar Sensus Penduduk 2020 Online Melalui Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel