5 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Bekas Operasi

Operasi atau pembedahan adalah spesialisasi dalam kedokteran yang mengobati penyakit atau luka dengan operasi manual dan instrumen.

Selesai operasi di lakukan kita di haruskan untuk tidak melakukan aktivitas apa-apa atau istirahat total. Dikarenakan luka bekas operasi bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti mudah terserang infeksi, dan mengakibatkan luka yang terjadi karena pembedahan tersebut akan lama untuk bisa sembuh.

Untuk mempercepat penyembuhan luka operasi, dokter sudah memberikan resep obat yang harus kita konsumsi, dan juga beberapa makanan sehari-hari. Berikut saya bagikan beberapa makanan yang harus dikonsumsi beserta manfaatnya.

1. Putih Telur

Telur adalah makanan sehari-hari yang banyak kita temui di mana saja. Terlihat sepele tapi tahukah jika telur sangat berperan penting untuk menyembuhkan luka operasi? Namun dalam hal ini tidak semua bagian telur yang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan luka operasi, bagian telur yang berperan itu adalah putih telur.

Putih telur tinggi akan protein albumin, satu butirnya mengandung 10 gram protein, jadi sangat bagus di konsumsi untuk mempersingkat proses penyembuhan luka.


Adapun kandungan dalam putih telur adalah sebagai berikut:

-Mengandung Protein 4gram
- Mengandung Lemak 0,05gram
- Mengandung kalsium 2,3 miligram
- Mengandung Mmiliaran 3,6 miligram
- Mengandung Kalium 53,8 Miligram
- Mengandung Energi 16 kalori
- Mengandung Vitamin B2 0,145 miligram

2. Ikan Haruan/Gabus

Mengkonsumsi ikan haruan atau yang lebih dikenal dengan ikan gabus juga sangat baik untuk dilakukan, karena selain untum mempercepat proses penyembuhan, ikan ini juga membantu meningkatkan kadar darah dalam tubuh, sehingga mengembalikan lagi darah yang terbuang pasca operasi ke angka normal.


Kandungan dalam ikan haruan adalah :

- Mengandung energi 80 Kilokalori dalam 100 gram ikan haruan/gabus.
- Memiliki protein sebanyak 16,2 gram
- Mengandung asam amino tinggi
- Mengandung Mikronutrien seperti zinc dan iron.

3. Susu dan Yoghurt

Susu dan Yoghurt juga sangat baik di konsumsi oleh tubuh karena dapat mencegah penggumpalan darah pasca operasi.


Kandungannya :

- Kaya akan protein dan enzim

4. Wortel dan Kentang

Mengkonsumsi sayuran seperti wortel, kembang kol, sampai kentang juga sangat penting yakni sebagai sumber karbohidrat. Adapun kandungannya adalah :


- Mengandung 41 Kkal Energi
- karbohidrat 9 gram
- lemak 0,2 gram
- proteim 1 gram

5. Buah-buahan

Setelah operasi, jangan lewatkan untuk mengkonsumsi buah-buahan terutama buah yang berwarna cerah seperti jeruk, apel, melon, anggur, mangga, dan pepaya juga tomat.

Karena buah-buah tersebut sangat baik untum mempercepat proses penyembuhan, adapun kandungannya adalah :
 
- Vitamin
- Mineral
- Karbohidrat
- Antioksidan

Demikianlah beberapa makanan yang wajib di konsumsi pasca operasi guna mempercepat proses penyembuhan luka, selain itu terlepas dari apapun makanan yang kita makan, pikiran kita juga harus selalu positif, sehingga kita tidak berlarut-larut merasa sedih atau kesakitan pasca operasi. 


Saya bagikan pengalaman ini, Semoga bermanfaat untuk pembaca semua, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

Sumber https://www.atomenulis.com/
5 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Bekas Operasi 5 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka
Bekas Operasi Reviewed by Admin on April 03, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.