Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat

Berbicara mengenai pasar, tentu saja yang terlintas dalam pikiran kita adalah tempat di mana transaksi jual beli barang dan jasa di berlakukan secara sah, dikatakan sah karena sudah pasti ada persetujuan di antara kedua bela pihak baik pembeli maupun penjual karena di dalam transaksi ada mahar yang dilakukan yakni pembelian dan pembayaran dengan menggunakan uang .

Dalam kesempatan ini saya tak akan membahas mengenai jual beli dalam pasar, tapi yang akan dibahas yakni lokasi pasar tradisional yang saya sendiri menilai dikesampingkan oleh pemerintah. mengapa sampai saya katakan dikesampingkan oleh pemerintah? karena sering kali saya melihat ada pasar tradisional yang infrastrukturnya tidak teratur, baik dari segi pembangunan pasar maupun dari pengelolaan organisasi pasar itu sendiri.

Sebagai contoh yang bisa saya ambil adalah pasar tradisional yang terdapat di kota ini (maaf tidak saya sebutkan lokasinya), pasar tersebut bisa dibilang sangat ramai dari pukul lima subuh hingga pukul sembilan pagi. sayangnya lewat jam 9 tersebut para pedagang mulai membereskan dagangannya , karena para pemilik pertokoan akan membuka lapaknya, kadang-kadang para pedagang mulai menjual murah dagangannya agar cepat habis, mengingat jika dibawa pulang kembali lokasi rumah yang ditempuh terlalu jauh ditambah lagi tidak adanya tempat untuk menampung barang dagangannya, akibatnya dagangannya rusak seperti sayur-sayuran, ikan mentah dan buah-buahan.

Tak hanya itu, lokasi pasar bisa dikatakan sangat tidak strategis, karena terletak di dekat jalan raya, yang notabene banyak kendaraan lalu lalang, tentunya pemilik kendaraan mempunyai aktivitas yang sama yakni bekerja, sehingga laju kecepatan kendaraan jika tidak terkontrol maka akan mengakibatkan kecelakaan yang sudah pasti akan memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Sedikit informasi yang saya peroleh dari masyarakat setempat, mereka mengatakan, jika pasar tersebut sudah beberapa tahun beraktivitas, itu pun atas inisiatif pedagang yang ingin menjajakan dagangannya. sebelumnya memang ada pasar, namun telah di gusur oleh pemilik dari tanah tersebut. karena akan dipakai untuk mendirikan bangunan miliknya.

Namun sangat di sayangkan, sejauh ini belum ada tanda- tanda pasar tersebut akan dibangun kembali tentunya oleh pihak-pihak maupun stakeholder terkait dalam hal pembangunan fasilitas umum, di mana pasar juga termasuk fasilitas umum yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Pemerintah seharusnya bekerja lebih efektif dan harus mengambil peran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena dalam hal ini pemerintah punya andil yang besar, untuk pembangunan infrastuktur. apalagi hal ini bersangkutan dengan ekonomi masyarakat, begitu juga sebaliknya masyarakat mempunyai peran penting dalam hal pembangunan, tanpa dukungan masyarakat, pemerintahan tidak akan berjalan seimbang.

4 Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemerintah

Dengan melihat beberapa masalah di atas, maka dalam hal ini saya sebagai masyarakat biasa tentunya mempunyai hak untuk mengeluarkan pendapat. Adapun pendapat yang bisa saya berikan dalam kesempatan ini yakni :

1. Pemerintah wajib menyediakan lahan bagi pembangunan pasar tradisional, mengingat pasar merupakan sarana utama yang dijadikan untuk pengelolaan roda perekonomian terutama bagi masyarakat kelas menengah hingga ke bawah.

2. Pemerintah wajib menyediakan lahan parkir, demi keamanan dan kenyamanan pedagang maupun pembeli untuk memasuki area pasar.

3. Pemerintah wajib menyediakan fasilitas umum lainnya berupa toilet, tempat sampah, maupun drainase. Drainase mempunya fungsi agar air hujan tidak tergenang memasuki musim penghujan hingga menyebabkan banjir.

4. Buatlah struktur organisasi pasar, agar jelas pengelolaan pajak yang akan dipungut pada pedagang, hingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran yang berdampak pada ketidakpercayaan masyarakat pada pemerintah.

Demikianlah apa yang bisa sampaikan dalam kesempatan kali ini. Untuk perlu diingat dan diperhatikan oleh pemerintah, dirikanlah pasar tradisional yang layak, aman dan nyaman bagi masyarakat. agar masyarakat lebih mudah dalam mengelola ekonominya. Karena secara tidak langsung masyarakat telah membantu pemerintahan, hingga bisa terciptanya masyarakat yang mandiri, yang tidak secara terus menerus mengharapkan bantuan dari pemerintah.


Ingat, pasar adalah penunjang perekonomian masyarakat, pasar adalah tempat di mana masyarakat bisa saling menghidupi satu sama lain, dan pasar adalah roda yang harus terus berputar, agar masyarakat bisa terus memajukan perekonomian walau hanya mengambil bagian yang paling bawah.

Sumber https://www.atomenulis.com/
Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat Pasar Tradisional Penunjang Ekonomi Masyarakat Reviewed by Admin on April 03, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.