Perbedaan Istilah antara Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT)

Faktor pendorong utama menulis tentang artikel ini, disebabkan pengetahuan masyarakat umum mengenai perbedaan istilah Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender yang masih sangat terbatas, khususnya perbedaan secara perilaku, orientasi seksual dan identitas seksual. Terlebih tingkat pemahaman ini perlu dikampanyekan karena dapat sangat mempengaruhi cara membedakan dan mungkin mempengaruhi penerimaan masyarakat secara keseluruhan terhadap keberadaan kelompok LGBT di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Lesbian


Lesbian adalah seorang homoseksual perempuan yang mengalami percintaan atau tertarik secara seksual kepada perempuan lainnya. Istilah ini juga digunakan untuk mengekspresikan identitas seksual atau perilaku seksual terkait orientasi sex . Dengan kata lain, Lesbian yakni istilah untuk perempuan yang mengarahkan orientasi seksualnya untuk sesama jenis perempuan. Dimana ekspresi seksual ini ditujukan dengan cara mencintai secara fisik, seksual, emosional bahkan secara spiritual. dan sebagai kaya sifat lebih spesifik atau mengobjekkan antar perempuan.

2. Gay


Gay menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah seseorang yang tertarik kepada sesama jenis kelamin dan sebaliknya tidak tertarik kepada sex lawan jenis. Pada dasarnya, gay merupakan istilah yang merujuk kepada kecenderungan seksual seorang laki-laki (homoseksual) atau laki-laki yang berhubungan dengan sesama laki-laki. Hubungan yang dibangun pun secara spesifik menyukai secara fisik, emosi maupun seksual.

3. Biseksual


Biseksual adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan ketertarikan secara romantis, perilaku seksual terkait ketertarikan seksual kepada laki-laki dan perempuan. Pada dasarnya istilah biseksual biasanya digunakan untuk menggambarkan kecenderungan seksual dalam konteks seorang manusia kepada orang lain tanpa membedakan laki-laki atau perempuan.

Terlebih secara sederhana, biseksual hampir sama dengan orang heteroseksual namun lebih tertarik atau menyukai kepada dua jenis kelamin yakni perempuan maupun laki-laki secara bersamaan.

4. Transgender


Trans gender pada umumnya lebih mengacu kepada identitas gender (jenis kelamin) seseorang yang tidak terkait dengan jenis kelamin biologis yang diperolehnya sejak lahir. Istilah ini dipahami di Indonesia sebagai waria, dan beberapa daerah juga mempunyai istilah lain seperti Bencong, Calabai, Banci dan Wandu.

Transgender dalam pemahaman LGBT sering memiliki pengertian lain salah satunya ialah transeksual. Dimana transeksual lebih identik dengan seseorang yang melakukan prosedur operasi pergantian alat kelamin. Dengan kata lain, transeksual melakukan pengubahan organ seksnya.


Demikianlah penjelasan perbedaan antara Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender yang harus diketahui. Tulisan ini terinspirasi ketika saya secara pribadi mendengar pembicaraan dari teman-teman sekampung saat nongkrong yang tidak bisa membedakan antara Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender.

Sumber https://www.atomenulis.com/
Perbedaan Istilah antara Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) Perbedaan Istilah antara Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) Reviewed by Admin on April 03, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.