Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Burung Anis Merah, Sang Biduan Kontes Burung Kicau

 

Mengenal Burung Anis Merah,  Sang Biduan Kontes Burung Kicau


Halo para pencinta burung kicau! Sudahkah Anda tahu tentang Burung Anis Merah yang fenomenal ini? Burung ini kerap kali disebut biduan di kontes kicauan burung. Yuk, simak lebih lanjut informasi tentang Anis Merah sebelum Anda mengadopsi dan mengoleksinya.

Perkenalkan, Burung Anis Merah..

·        Silsilah ilmiah

Burung Anis Merah, Ponglor Merah, banyak memiliki sebutan nama lainnya di Indonesia.  Beberapa daerah menyebutnya dengan nama punglor cacing, punglor abang, dan punglor bata atau anis bata.

Burung ini termasuk kingdom Animalia, divisi Chordata, dan kelas Aves (Unggas). Pada tingkat ordo Anis Merah termasuk Passerifomes dengan famili Turdidae dan genus Zoothera. Sehingga, kalang ilmuwan lebih mengenal burung Anis Merah dengan sebutan Zoothera citrina.

·        Persebaran dan Habitat

Secara umum terdapat 5 jenis Anis Merah yang paling banyak ditemukan di Indonesia, yaitu:

-          Zoothera Citrina Innotata (Sumatera)

-          Zoothera Citrina Gibsonhilli (Sumatera)

-          Zoothera Citrina Aurata (Kalimantan)

-          Zoothera Citrina Orientalis (Jawa)

-          Zoothera Citrina Rubecula (Jawa dan Bali)

Habitat alami Anis Merah berada di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 mdpl. Anis merah hidup pada ekosistem hutan dan perkebunan kopi. Burung ini cenderung membuat sarang pada daerah lembab, tidak terpapar matahari langsung. Sumber mata air seperti danau dan sungai pun sering kali menjadi pilihan utama Anis Merah untuk bertahan hidup.

·        Siklus Hidup

Burung Anis Merah hidup di atas sarang yang dibuatnya. Sarang ini menjadi tempat peristirahatan sekaligus mengerami telur pada masa kawin. Anis Merah betina mampu bertelur 2-4 telur dalam 1 fase kawin. Sang indukan akan mengerami telur tersebut selama dua minggu. Para anakan baru akan di lepas untuk mencari makanan sendiri pada usia 12 hari.

·        Makanan yang DIkonsumsi

Di habitat aslinya Anis Merah mengonsumsi cacing tanah sebagai pakan utamanya. Namun, burung ini termasuk golongan omnivora yang bisa memakan biji-bijian dan hewan lainya. Jika Anda merawat anis merah, Anda bisa memberi pakan berupa cacing, belalang, hingga pisang, dan pepaya. Pakan burung ini akan mempengaruhi kualitas kicau dari Anis Merah.

Mengenal Keunikan Burung Anis Merah

·        Macam Kicauan Burung Anis Merah

Kicau Anis Merah bisa menjadi gacor jika Anda latih. Adapun metode yang dapat Anda lakukan adalah mendekatkan sarang burung yang memiliki kicauan gacor dengan Anis Merah. Selain itu, pelatihan mental dengan menggunakan trek tiap 2-3 kali seminggu. Jangan lupa untuk memandikan burung yang satu ini pada malam hari.

·        Tari Teler Khas Burung Anis Merah

Anis Merah dewasa yang terlatih dapat melakukan tarian yang kerap dianggap teler. Teler pada Anis Merah dapat dipancing dengan memasukkan potongan kayu cendana atau buah kopi pada sangkar. Selain itu, Anda bisa mempertemukan Anis Merah yang sudah bisa teler dengan Anis Merah muda untuk merangsang.

Tantangan Merawat dan Mengenal Burung Anis Merah

·        Ngecir

Ngecir merupakan istilah perubahan perilaku pada burung Anis Merah. Anda perlu mengenal burung Anis Merah ketika ngecir sebagai pertanda burung mengalami over birahi. Kejadian ini juga bisa disebabkan oleh perawatan Anis Merah yang tidak berjalan baik.

·        Mabung Lambat

Mabung atau bisa disebut pertumbuhan bulu pada Anis Merah cenderung lambat. Pengaturan pakan kaya karbohidrat hanya akan membuat burung menjadi gemuk. Sedangkan untuk membantu proses pertumbuhan bulu lebih cepat diperlukan pakan dengan asam amino (metionin dan sistin) yang tinggi.

 

Burung Anis Merah sangat menarik untuk dipelihara. Keberhasilan para kolektor Anis Merah dapat menjadikan burung ini sebagai investasi yang bernilai tinggi. Tentu saja butuh usaha keras untuk merawat Anis Merah. Khususnya bagi para pemula yang ingin memelihara burung ini perlu lebih mengenal Burung Anis Merah secara mendalam.