Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Peralatan untuk Memulai Vlog Youtube Pemula yang Wajib Anda Punya!

 

.6+ Peralatan untuk Memulai Vlog Youtube yang Wajib Anda Punya!


maswisnu.com - youtube menjadi primadona bagi sebagian orang untuk mencari cuan juga ketenaran. Selain itu juga untuk berbagi tentang apa saja yang sekiranya bermanfaat. Banyak dari masyarakat biasa sampai dengan artis mulai memanfaatkan youtube sebagai sumber penghasilan. Nah bagi Anda yang baru mulai terjun, siapkan dahulu peralatan untuk memulai vlog youtube. Tidak harus langsung banyak dan mahal, mulai saja dari yang sederhana. Buat agar Anda bisa konsisten terlebih dahulu.

Vlog yang merupakan kepanjangan dari video blogging ini mirip kegiatan ngeblog. Jika blogging atau ngeblog lebih berfokus pada pembuatan atau berbagi konten melalui tulisan, sedangkan vlog berbagi konten dengan cara mengunggah video. Keduanya sama-sama bisa menghasilkan uang. Adapun sumber penghasilan youtube itu sendiri bisa berasal dari video sponsorship, jual merchandise, endorsement, affiliate marketing dan juga bisa dengan memasang youtube ads.


Apa Sih Manfaat Vlog?


allstar.id

Selain sebagai sarana berbagi konten dan sumber penghasilan, dengan melakukan vlog Anda akan mendapatkan banyak manfaat diantaranya yaitu meningkatkan engagement. Dengan engagement yang bagus, kemungkinan konten Anda banyak dilihat oleh orang. Dan tentunya ini akan dilirik banyak pihak untuk mengajak kerjasama. Bisa juga Anda memanfaatkannya sendiri untuk menjual produk Anda.

Manfaat lain dari vlog adalah memperkuat personal branding. Bagi pelaku bisnis, ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan personal branding produk atau perusahaan mereka. Tidak hanya bagi pelaku bisnis. Bagi Anda juga bisa meningkatkan personal branding Anda sebagai apa. Siapa tahu Anda bisa jadi selebgram atau seorang yang ahli dalam bidang tertentu. Dengan begitu kepercayaan terhadap diri Anda pun meningkat.


Daftar Peralatan untuk Memulai vlog Youtube bagi Pemula


Berikut ini adalah daftar peralatan ketika Anda ingin memulai kegiatan vlog. Tidak harus mahal, gunakan saja seadanya dulu. Jika sudah berjalan Anda bisa menabung untuk membeli peralatan yang lebih mumpuni.

  1. kamera




depotkamera.com

pilihlah kamera yang kecil agar mudah dibawa kemana-mana. Bisa juga kamera praktis mirrorless atau action kamera. Anda juga bisa menggunakan kamera model fujifilm X-S10, Sony A6400, Panasonic lumix G100, Canon powershoot G7 X Mark III

  1. microphone

ngelag.com

Penting juga penggunaan microphone ini untuk menyaring dan memfokuskan audio. Suara-suara bising diluar audio utama akan tersamarkan atau hilang. Membantu menjernihkan audio konten yang Anda buat. 

Anda dapat menambahkan clip on mic atau mikrofon shotgun pada kamera. Microphone internal smartphone tidak cukup membuat audio menjadi jelas.

  1. lampu atau lighting

jakartanotebook.com

jika Anda membuat video di dalam ruangan maka penggunaan lighting ini sangat diperlukan.

  1. Tripod

Penggunaan tripod diperlukan untuk pengambilan gambar yang lebih baik dan bagus. Jika dalam pengambilan video Anda melakukannya sendiri tanpa adanya teman.

  1. Laptop

Untuk awal-awal jika Anda tidak mempunyai laptop bisa menggunakan smartphone. Sekarang banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan di smartphone.

  1. software editing video

software ini Anda perlukan untuk mengedit video Anda agar lebih kece ketika diupload. Googling saja di internet atau google playstore. Banyak video editing bertebaran.

Itulah beberapa peralatan untuk memulai vlog youtube yang bisa Anda dapatkan di marketplace atau toko elektronik terdekat. Pilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.