Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Ghost Touch Setelah Ganti LCD

Layar touchscreen atau LCD adalah komponen utama sebuah smartphone. Ada kalanya kita menservis atau mengganti LCD karena rusak atau sudah tidak berfungsi dengan semestinya.

Tapi tidak jarang setelah servis LCD HP, kita malah menemui masalah baru. Salah satu masalah yang sering ditemui yaitu ghost touch atau layar HP bergerak sendiri, atau sentuh2 sendiri.

Setelah seminggu atau 2 minggu sehabis servis mungkin masih normal, tetapi setelah itu LCD mulai ghost touch. Dan kasus ini memang cukup sering ditemui.

Penyebab Layar HP Ghosh Touch Setelah Ganti LCD


Layar HP Ghosh Touch Setelah Ganti LCD


Faktor utama nya biasa disebabkan karena LCD yang dipasang bukan LCD original. Biasanya ini sering terjadi jika kamu servis di kang servis yang gak jelas.

Faktor lain bisa juga karena ada kesalahan saat pemasangan LCD nya, entah itu konektor nya kurang pas atau gimana.

Ghost touch juga bisa disebabkan karena overheat atau panas berlebih, jadi ghost touch nya hanya saat HP panas saja. Ini juga sering kejadian kasusnya.

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri Setelah Ganti LCD

Lalu bagaimana cara mengatasi hp ghost touch setelah ganti lcd? Apakah kita bisa memperbaiki ghost touch ini tanpa perlu servis LCD lagi?

Nah, dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk mengurangi ghost touch pada HP setelah mengganti layar.

Cara yang saya berikan di bawah ini mungkin work pada HP tertentu dan mungkin tidak work pada beberapa HP. Tapi yang jelas patut kamu coba.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan HP kalian.

  • Kemudian cari menu pengaturan gestur. Nama dan letak pengaturannya bisa berbeda-beda, tapi intinya adalah pengaturan gesture layar.

  • Setelah ketemu, maka nonaktifkan semua pengaturan gestur nya. Pada contoh gambar di bawah ini adalah HP Samsung saya, sudah dimatikan semua pengaturan motion & gesture nya.


Cara mengatasi hp ghost touch setelah ganti lcd


Kenapa Harus Mematikan Pengaturan Gesture?

Jadi begini, fitur Gesture layar itu sangat bergantung pada LCD atau layar sentuh. Misalkan kamu mengaktifkan fitur Ketuk 2 Kali, nah fitur ini sangat bergantung pada 2x ketukan pada layar.

Jadi dengan menonaktifkan fungsi-fungsi gesture ini, diharapkan akan mengurangi beban pada LCD agar tidak ghost touch.

Dan perlu diingat: saya tidak menjamin cara ini work untuk semua HP ya, terutama jika masalah ghost touch ini disebabkan karena hardware (LCD) nya memang bermasalah.

Akan tetapi, cara ini memang patut dicoba sebagai pertolongan awal saja. Jika work ya alhamdulillah, jika tidak work ya balik diservis saja ke tempat servis terpercaya.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar HP Ghost Touch Setelah Ganti LCD"