iklan header

Inilah 8 Cara Agar Tembus Proposal PKM Terbaru



Maswisnu.com - Inilah cara agar tembus proposal PKM terbaru yaitu proposal PKM harus di buat dengan sebaik baiknya, dengan cara mengikuti petunjuk di buku panduan atau buku pedoman PKM ( Buku pedoman penulisan proposal PKM)

Tidak hanya di tampilannya saja namun juga pada isi seluruh konten atau isi proposal harus baik juga, dan jangan anggap ini sepele ya bro! karena pasti anda tidak lolos alias ditolak.

Anda tidak lolos! Dan tidak dapat pendanaan pkm? Ini penyebabnya.

Simbelmawa membatasi pendanaan jumlah proposal PKM, kemapa? Jumlah proposal PKM yang masuk ke simbelmawa lebih banyak di banding kuota yang disediakan.

Dan perlu diketahui juga bahwa Seluruh perguruan tinggi Negri maupun swasta di Indonesia, semua mahasiswanya di arahkan untuk membuat proposal PKM, otomatis persaingan pun semakin ketat. Dan semua juga membuat proposal yang di buat sebagus dan semenarik mungkin. Dipilihlah nanti yang terinofatif tentunya.

Dan seluruh PTS dan PTN juga berlomba lomba untuk membuat Proposal PKM yang bermutu dan Berkulaitas agar mendapatkan pendanaan dana PKM.

Berikut ini cara Membuat Proposal bermutu dan Berkualitas agar Lolos PKM


1.Judul Yang Menarik.
Buat lah judul yang menarik artinya, simple tidak terlalu panjang dan banyak di sukai orang dan menarik untuk di baca dan harus mewakili isi proposal.

Buatlah judul semenarik mungkin sehingga pembaca tau isi dari proposal nantinya lewat judul tersebut, pokok inti permasalahan yang akan di angkat melalui proposal ini.
Gunakan judul tidak lebih dari 15 kata, jika lebih maka pembaca cenderung bosan dan kurang akan ketertarikannya.

2.Latar Belakang yang Hits.
Judul sudah tepay dan menarik, sekarang tinggal kembangkan di latar belakang yang kuat, artinyagunakan isu atau trend atau yang lagi hits pada saat ini.

Persoalan yang lagi ngetrend saat ini baik lokal atau daerah bisa di angkat, jadikan topik latar belakang, namun tetap di kaitkan dengan isu di dunia internasional maupun nasional.

3.Rumusan Masalah Yang Tepat.
Bedakan antara rumusan masalah dan tujuan penelitian ya bro! karena pada dasarnya beda.

Cermati ini,  Tujuan di dalam proposal adalah hal –hal yang akan di cari ketika akan melakukan penelitian, sedangkan rumusan masalah adalah penghubung antar latar belakang dan tujuan penelitian.Hati hati landasan ini sangat rentan untuk tidak lolos proposal PKM.

4.Buat Tujuan Penelitian yang Jelas.
Buatlah tujuan penelitian yang jelas adalah hasil atau gol dalam pembuatan proposal PKM, sehingga arahnya nanti mau kemana hasil atau output nya apa dari hasil proposal PKM yang anda buat bro!. sehingga tidak menimbulkan penafsiran lagi, gampangnya adalah tujuanya jelas dan tidak ngawur gitu bro.

5.Output atau hasil harus jelas.
Tujuan penelitian dalam proposal PKM adalah menyelesaikan permasalahan atau isu yang tengah terjadi  di masyarakat. Semakin tinggi tingkat kemanfaatannya di masyarakat, penelitian ini akan semakin baik dan berkualitas, dan tentu pasti lolos PKM.

6.Tinjauan Pustaka yang Relevan.
Tinjaun pustaka yang relevan artinya kalian harus cari dari beberapa sumber referensi dalam proposal pkm ini, yang hanya menunjang ide penelitian. Selain menggunakan literatur yang pas mantap kalau bahasa ilmiah nya mutakhir.

Tinjauan pustakan harus di sumberkan dari banyak menggunakan jurnal ilmiah dibandingkan dengan sumber dari buku atau website yang tidak tau kebenarannya. dan tipsnya kalian gunakan sumber pustaka yang terbaru jangan melebihi 10 tahun agar bisa lolos proposal pkm.

7.Administrasi Lengkap.
yang satu ini jangan sampai ketinggalan ya bro, selain format penulisan yang ada di buku panduan proposal pkm, proposal PKM ini membutuhkan yang namanya  data pendukung.
Data pendukung ini biasanya memerlukan tanda pengesahan,  tanda tangan dan stempel juga yang  bermaterai.

8.Jangan Plagiat.
Ini adalah cara atau factor yang paling penting dari trik tembus lolos proposal pkm, jangan sekali kali anda plagiat atau copy paste karya orang lain ya bro! maka kalau ketahuan selain anda dosa, maka kalian gak akan lolos proposal pkm.

Gunakan kreatifitas dan kemampuan anda sendiri dalam berkarya, kalian bisa kolaborasi dengan teman lain kok, kalianbisa tukar ide gagasan dan kalian bisa minta saran dan masukan juga dari pembimbing pkm di masing masing kampus.

Ok bro! demikaianlah 8 cara agar tembus proposal pkm terbaru, yang sumbernya dari beberapa teman yang sudah lolos proposal pkm dan berhasil mendapatkan pendanaan pkm, mudah-mudahan sedikit ini bermanfaat dan jika bermanfaat kalian bisa share artikel ini keteman kalian, agar saling membantu dalam pembuatan proposal pkm, dan akan sukses tentunya. sekian dan terimakasih.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel