Pengertian Burung Anis Merah, Habitat, Jenias dan Cara Merawatnya

 

anis merah

Burung Anis Merah atau pudel Cacing merah atau pudel, sering disebut nanas atau zoothera citrina, tidak diragukan lagi merupakan burung yang sangat populer di kalangan hobi pemula. Adas merah dengan corak semangat yang tinggi dapat memberikan pesona daya tarik yang tinggi.

Dikatakan bahwa adas merah tidak terlalu umum, karena sering ditemukan di sawah dan kebun kerbau.


Pengertian Burung Anis Merah, Habitat, Jenias dan Cara Merawatnya


Anis merah dapat ditemukan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak negara lain seperti Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Cina, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Jumlah Anis Merah di seluruh bagian hidupnya diperkirakan tidak berkurang lebih dari 30% dalam 10 tahun terakhir.

sehingga salah satu organisasi perlindungan burung internasional (Birdlife international) merekomendasikan pada tahun 2008 untuk mendaftarkan burung ini dalam daftar status terancam punah (Minimum Anxiety) dalam daftar burung terancam punah dunia (IUCN Red List).

Namun, jumlah Anise Merah di Jawa diperkirakan akan turun tajam karena pasar unggas yang mengamuk untuk penjualan unggas.

Pada saat yang sama, ada kekhawatiran di seluruh benua Asia Tenggara bahwa jumlahnya akan terus menurun karena kurangnya pohon.

Secara internasional, adas merah pertama kali dideskripsikan atau secara ilmiah diberi nama John Latham pada tahun 1790 sebagai Turdus citrinus. Perbedaan penampakan adas merah di tempat yang berbeda membuat ahli ornitologi membedakan spesies ini menjadi beberapa ras, namun Rasmussen Anderton (2005) mencatat bahwa ada beberapa spesies dari 12 spesies.

Di Indonesia, adas merah terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Di Sumatera diperkirakan mereka adalah pendatang dari daratan Asia, mungkin ada dua ras: Zoothera citrina innotata dan Zoothera citrina gibsonhilli.

Merupakan burung yang hidup di pegunungan Kalimantan Utara, pada ketinggian 1000-1500 m di atas permukaan laut.

Dapat ditemukan di Jawa Bali pada ketinggian hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Inilah Suku-suku Jawa Barat

Zoothera citrina rubecula:

Zoothera citrina rubecula Z Hewan tersebut adalah Zoothera citrina orientis dari Jawa Timur Bali. Kedua ras berbeda hanya dalam panjang sayap mereka.

Nama ras Zoothera citrina rubecula diberikan oleh Gould pada tahun 1836, sedangkan nama ras Zoothera citrina orientis diberikan oleh Bartels Jr. 1938

Beberapa ahli burung skeptis terhadap perbedaan antara spesies adas merah yang ditemukan di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Adas merah memakan tanaman di bawah pohon lebat di tanah. Sangat aktif mencari makanan di tempat teduh, membuka pemiliknya.

Carilah serangga, laba-laba, cacing buah di dalam tanah. Di Malaysia, adas merah sering ditemukan saat makan pisang.

Batang adas merah dangkal, terdiri dari akar pohon, master dan semak-semak.

Kedua induknya aktif membangun sarang, yang sering dibangun pada ketinggian lebih dari 4,5 meter, ditempatkan di pohon kecil atau semak-semak.

Dua atau empat telur, seringkali tiga, diinkubasi selama 13-14 hari sebelum menetas. Setelah menetas, anak ayam dirawat selama kurang lebih 12 hari. ).

Terry Gonsolvis (peternak di Bristol, Inggris) berhasil membiakkan anis merah genus Zoothera citrina cyanotus.

Arkum (Bogor, peternak di Depot) berhasil membudidayakan anis merah, meninggalkan telurnya pada burung kembang anis).

Sedangkan untuk anis merah, sejauh ini belum ada kabar tentang hasil peternakan sapi swasta di rumah dan hutan rakyat.

+ Anis merah di Bali

Anis merah saat ini merupakan salah satu jenis burung yang paling terancam punah di Indonesia.

Menurut kelompok riset BIRD INDONESIA, adas merah adalah burung ketiga yang paling terancam punah di masyarakat.

Di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar. Survei ini dilakukan pada tahun 2006 melalui wawancara dengan 1.781 keluarga.

Kepopuleran anis merah sebagai unggas tidak lepas dari amukan lomba juvenil (gangtang) yang kini digelar minimal sebulan sekali, dari latihan bersama (latber) yang digelar minimal seminggu sekali di setiap kota.

Selain volume, variasi dan ritme, perilaku “tinggi” adalah salah satu faktor utama yang dinilai selama kompetisi burung.

+ Distribusi habitat

Secara administratif, Red Adams dapat ditemukan di empat kabupaten: Jembrana, Buleleng, dan Tabana Karangasem, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, quick inquiry, dan wawancara tidak terstruktur yang dilakukan selama 10 hari di Bali.

Adas merah banyak ditemukan di perkebunan kopi, hutan (sungai dekat sungai), termasuk sungai kecil dan lembah yang jarang terkena sinar matahari langsung. Namun, tidak semua perkebunan kopi memiliki sarang adas merah di semua hutan.

Di beberapa daerah, seperti Labuanaj, Telag, Kekeran Pelapua, di mana perkebunan kopi juga langka, sarang dill merah belum ditemukan di kawasan hutan di barat daya Penataran. Denominator umum dari daerah-daerah ini adalah bahwa mereka kurang dari 400 meter di atas permukaan laut.

+ Fitur pria dan wanita

Karena adas merah adalah burung monomorfik, maka perbedaan antara pria wanita tidak dapat dibedakan dengan melihat ciri fisik yang terlihat.

Baca cara membedakan adas merah jantan dan betina dari TNT.

Banyak “mitos” yang menyebutkan ciri-ciri fisik tertentu harus menyebutkan jenis kelamin adas merah. Namun, sebenarnya sangat sulit untuk menentukan jenis kelamin adas merah dewasa berdasarkan pengamatan saja.

Namun, ada kriteria yang sering digunakan orang untuk membuat pilihan yang tidak 100% akurat. Misalnya, adas merah jantan berwarna merah lebih terang daripada adas merah betina. Demikian pula, warna ini lebih gelap.

Ada cara untuk menentukan jenis kelamin adas merah dengan meraba kloaka untuk mengetahui kepadatan adas manis. Kalau kencang berasa tajam, maskulin. Jika agak lebar dan lemah, betina.

Sedangkan perbedaan lain terlihat dari tingkah lakunya. Adas merah pria akan melihat ke atas dan ke bawah ketika bertemu dengan adas merah lain.

Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku seperti itu. Jika adas merah betina sedang kepanasan, jika bertemu dengan anis merah jantan yang bernyanyi atau memanjat, dia akan mengepakkan sayapnya, lihat, bersiul…

+ Pilih adas manis merah

Karena susahnya memilih anis merah jantan, maka jika kita memilih anis merah, kita harus menambah anggaran belanja kita. Selamat datang di pasar burung atau pasar kolektor mana pun. Penjual atau kolektor yang disetujui tidak akan mengambil risiko kehilangan pelanggan yang bersedia mengeluarkan uang terlalu banyak.

Sedangkan kriteria umum pemilihan adas merah adalah sebagai berikut:

Pria / jantan

Ciri-ciri burung anis merah jantan tercermin dari postur tubuh panjang serasi, ekor panjang, duri kecil, batang panjang, warna bulu lebih kuat, warna paruh lebih gelap, warna lebih pudar. bulu di bawah paruh bawah, mata melotot besar. Kepala lebih besar dan bergerak fleksibel.

Untuk menetaskan telur, Anda harus memilih telur paruh yang memiliki pangkal lebar, tebal, besar, dan panjang. Setengah bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung Anis Merah yang memiliki paruh kail. Pilih posisi lubang hidung sedekat mungkin dengan mata.

Sikap. Pilih anise merah berukuran sedang dengan leher, tubuh panjang, dan kaki ekor yang sesuai. Jangan memilih bahan dengan leher pendek.

Sayap telah ditampilkan semata-mata untuk memberikan rasa proporsi.

Warna kaki tidak mempengaruhi pemikiran burung.

Memiliki nafsu makan yang besar! Ini hanya beberapa shareware pengaturan tujuan yang dapat Anda gunakan.

Berdiri dengan kepala terangkat 45 derajat. Percaya atau tidak, saat menerima materi seperti itu, dijamin bayi berusia 7 bulan mati rasa dan mulai menelan.

+ Bagaimana cara merawatnya?

Lokasi: Anis Merah dapat disimpan dalam kotak bulat atau kotak berukuran 40 x 40 x 60 cm atau dapat berbentuk bulatan dengan diameter 30 cm.

Sedangkan damar atau pankreas bisa dibuat dengan diameter 1,5 cm, dengan bahan keras dari cabang tamar, dengan permukaan kulit agak kasar, sehingga paruhnya diasah agar tidak tajam.

Untuk layanan harian: adas merah tidak boleh ditunggangi Dirodong hanya untuk tidak terkena angin pada malam hari.

Namun settingnya juga berbeda dalam hal persaingan kenyamanan, dill merah yang setiap hari penuh dengan cadar.

Makanan. Hal utama yang perlu diperhatikan dari segi makanan adalah menu yang bervariasi untuk memberikan nutrisi, vitamin dan mineral yang cukup.

Makanan yang baik, selain nutrisi yang lengkap seperti protein karbohidrat, juga kaya akan vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide), B6, B12, C K3.

Selain itu, harus mengandung nutrisi penting seperti DL Metionin, I-Lisin HCl, Asam Folat (sebenarnya vitamin B) Ca-D.

Selain vitamin, mineral juga harus mencukupi. Mineral diperlukan untuk pembentukan darah dan tulang.

keseimbangan cairan tubuh, fungsi saraf yang sehat,…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel