5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Berbicara tentang suatu negara, tentunya semua orang ingin menampilkan keunikan dan mengetahui apa yang terdapat pada negara tersebut dalam berbagai hal. Termasuk keinginan mengungkapkan serta mengetahui jumlah pulaunya. Nah pada kesempatan ini saya sebenarnya ingin membahas tentang 5 negara di dunia yang memiliki jumlah pulau terbanyak.

Lanjut, mengutip dari pernyataan World Atlas, terdapat negara yang memiliki pulau terbanyak berada di benua Eropa dan Amerika. berikut adalah daftar dari negara dengan pulau terbanyak di dunia.

1. Swedia (267.570 Pulau)

Swedia adalah Negara dengan pulau terbanyak dengan jumlah 267.570 pulau. Uniknya, jumlah pulau ini bertambah dibandingkan dengan yang dilaporkan pada tahun 2001, yaitu 221.831 pulau. Terdapat 984 pulau di antaranya tidak berpenghuni dan sebanyak 24.000 pulau dibuka untuk publik sebagai tempat untuk hiking dan untuk menikmati alam.

Nah, sejujurnya saya pun tidak pernah terpikirkan bahwa Swedia yang merupakan sebuah negara yang kurang terekspos dari berbagai hal di dunia, ternyata mempunyai pulau sebanyak itu dan yang jelas menempatkan negara ini di urutan pertama.

2. Norwegia (239.057 Pulau)

Diketahui Norwegia adalah sebuah negara dengan pulau terbanyak kedua. Norwegia memiliki 239.057 pulau. Negara ini terkenal dengan Pulau Lofoten, yaitu salah satu pulau yang paling indah dan menjadi tujuan wisata. Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Dimana pantainya yang terletak di Samudra Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal.

Selain itu, pulau tersebut dijadikan inspirasi bagi turis, pelukis, fotografer, penulis, dan artis lainnya. Salah satu tujuan wisata paling indah adalah Pantai Utakleiv. Namun, karena lokasinya yang berada di Arktik, suhu di terpanas di pantai ini hanya mencapai 20 derajat Celcius. Norwegia juga memiliki Pulau Bouvet, salah satu pulau paling terpencil di Bumi. Pulau ini hanya dihuni oleh burung dan anjing laut.

3. Finlandia (178.947 Pulau)


Republik Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki luas wilayah sebesar 338.440 km² dengan populasi sebanyak

5,531 juta jiwa dan memiliki Ibu kota di kota Helsinki serta memiliki Presiden yang bernama Sauli Niinisto. Dan negara Finlandia berbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.

Sebagian besar pulau-pulau ada di barat daya, bagian dari kepulauan Aland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Finlandia selebihnya dikenal sebagai negara dengan ribuan danau 187.888 dan 179.584 Pulau. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus sekitar 68% dari luas tanah dan sedikit tanah subur.

4. Kanada (52.455 Pulau)

Kanada berdiri pada tahun 1867, setelah disahkannya undang-undang Konfederasi. Kanada, dengan nama asli Dominion of Canada, merupakan negara paling utara di kawasan Amerika Utara.

Diketahui Canada adalah negara monarki, dimana kerajaan ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori, dengan menganut sistem desentralisasi Ottawa menjadi ibukota. Kanada juga menjadi anggota La Francophonie, sekaligus negara Persemakmuran Inggris.

Selebihnya luas wilayah yang dimiliki Kanada mencapai 9.970.610 km². Negara dengan Perdana menteri yang bernama Justin Trudeau ini tergolong negara maju, dan menjadi salah satu negara dengan keragaman etnis dan multikultural yang paling beragam di dunia. Imigran di negara ini tergolong besar, jika dibandingkan negara lainnya.

Selain itu, perekonomian Kanada menjadi terbesar kesepuluh di dunia. Sebab sumber daya alam yang berlimpah dan jaringan perdagangan internasional yang luas yang menjadi tumpuan utama ekonomi negara ini. Ditambah hubungan yang panjang dengan Amerika Serikat memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi dan budaya kedua negara tersebut.

Dimana secara geografis pun keduanya cukup dekat, dimana Kanada menempati setengah dari utara Amerika Utara. Ia berbatasan dengan AS di selatan, dan di barat laut dengan Alaska. Negara ini terbentang dari Samudra Atlantik, dan Selat Davis di timur sampai ke Samudra Pasifik di barat; yang menjadi moto negara ini. Di utara terletak Laut Beaufort, dan Samudra Arktik; Tanah Hijau terletak di timur laut.

Terlebihnya lagi, Kanada dikenal dengan sebuah negara dengan pulau terbanyak yang dibuktikan jumlah pulau yang mencapai 52.455 Pulau yang terbentang di seluruh wilayah Kanada.

5. Amerika Serikat (18.617 Pulau)


Amerika Serikat, atau yang lebih dikenal dengan singkatan AS, adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara yang dipimpin oleh Presiden Joe Biden ini beribukota di Washington, D.C. dan memiliki wilayah seluas : 9,834 juta km² dengan populasi mencapai 329,5 juta jiwa.


Pada dasarnya semua orang akan mempercayai Amerika memiliki pulau dengan jumlah sebanyak 18.617 Pulau karena secara luas wilayah yang melingkupinya telah membuktikan itu semuanya.

Sumber https://www.atomenulis.com/
5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia 5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia Reviewed by Admin on April 03, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.