Latar Belakang Lahirnya Gerakan Renaissance

Sepanjang perjalanan abad 15 dan abad 16 di Eropa, muncul sebuah gerakan yang menginginkan seluruh kejayaan filsafat dan kebudayaan kembali di hidupkan sebagaimana pernah terjadi pada masa jayanya di Yunani kuno. Gerakan tersebut dinamakan Renaissance, renaissance diambil dari kata Perancis yang memiliki arti 'Kelahiran kembali atau Kebangkitan kembali'. 

Menurut Lorens Bagus, 'Renaissance menunjukkan suatu gerakan yang meliputi suatu zaman dimana orang merasa dilahirkan kembali dalam keAdaban. Di dalam kelahiran kembali otu orang kembali kepada sumber-sumber ya g murni bagi pengetahuan dan keindahan. Renaaissance juga berarti zaman yang menekankan otonomi dan kedaulatan manusia dalam berpikir, dalam mengadakan eksplorasi, eksperimen dalam mengembangkan seni, sastra dan ilmu pengetahuan di Eropa'.

Nah, secara sederhana renaissance berarti kelahiran kembali, yakni lahirnya kebudayaan Yunani dan kebudayaan Romawi. Tepatnya pada abad 14 dan 15 terutama di Italia, dimana muncul keinginan yang kuat untuk memunculkan pula penemuan-penemuan baru dalam bidang seni dan sastra, sehingga dari penemuan tersebut sudah memperlihatkan suatu perkembangan baru dengan berani berpikir secara baru, antara lain mengenai dirinya sendiri dan manusia mulai menganggap dirinya bukan orang yang berkunjung menumpang di dunia ini, melainkan sebagai perang yang menciptakan dunianya.

Pada saat itu, gejala yang diperlihatkan masyarakat untuk melepaskan diri dari kungkungan dogmatisme gereja sudah mulai tampak di Eropa, manusia mulai dianggap sebagai pusat kenyataan. Setelah selama abad pertengahan manusia tidak bisa berekspresi secara leluasa bebas, karena manusia telah terlanjur lama di ninabobokan oleh tokoh gereja dan dogma-dogmanya lebih kurang dari 1000 tahun lamanya. Ketika berlangsung gerakan renaissance, manusia mulai menunjukkan sebagai pusat kenyataan yang terlihat secara nyata dalam berbagai bidang di antaranya sebagai berikut.

Bidang Seni, seniman zaman renaissance semisalnya, Leonardo Da Vinci (1452-1592) Michelangelo (1475-1564), Raphael (1483-1520) Perugino (1446-1426) dan Donatello serta Botticelli.

Bidang Penjelajahan, terlihat beberapa nama besar di bidang ini seperti, Ferdinand Magellan (1480-1521) dan Criatopher Colombus (1451-1506).

Bidang Ilmu Pengetahuan, di bidang ini terdapat beberapa tokoh hebat seperti, Nicolaus Copernicus (1478-1543), Galileo Galilei (1546-1642) Andreas Vasalius (1514-1564), Jihannes Keplwr (1571-1642) dan terakhir Franci Bacon (1561-1632) seorang tokog bangsawan inggris yang berusaha meletakkan dasar filosofis untuk perkembangn dalam bidang ilmu pengetahuan dengan menulis satu maha karya yang berjudul Novum Organon, dengan tujuan menggantikan teori aristoteles terkait ilmu pengetahuan.

Era renaissance juga sering diasosiasikan sebagai era humanisme, karena pada era renaissance manusia mulai dihargai, ketimbang awal abad pertengahan manusia kurang dihargai sebagai manusia, kebenaran dimiliki dan diukur berdasarkan kebenaran gereja, bukan menurut yang dibuat manusia. Secara garis besar, humanisme yang menghendaki kebenaran harus melalui ukuran manusia, dikarenakan manusia mempunyai akal dengan kemampuan berpikir, berkreasi, menentukan dan memilih. 

Maka ciri utama renaissance dengan demikian adalah humanisme, individualisme, dan lepas dari agama. demikian juga manusianya yang sudah mengandalkan rasio (akal) dan empiris (pengalaman) dalam merumuskan pengetahuan, meskipun harus diakui bahwa filsafat belum menemukan bentuk pada zaman renaissance, melainkan pada zaman sesudahnya, yakni zaman modern.

 muncul sebuah gerakan yang menginginkan seluruh kejayaan filsafat dan kebudayaan kembali  Latar Belakang Lahirnya Gerakan Renaissance

Nah demikianlah uraian dari munculnya gerakan renaissance, yaitu suatu era dimana manusia mulai sadar dan menentukan kebebasan berekspresi berpikir dan memilih. Berkaitan dengan perkembangan bentuk filsafat di zaman modern nanti dibahas dilain sesi ya.

Sumber https://www.atomenulis.com/
Latar Belakang Lahirnya Gerakan Renaissance Latar Belakang Lahirnya Gerakan Renaissance Reviewed by Admin on April 03, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.