Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips dan Cara Memperbaiki Printer Rusak Terlengkap, Dijamin Ampuh!

 5 Tips Memperbaiki Printer Rusak Terlengkap, Dijamin Ampuh!

5 Tips dan Cara Memperbaiki Printer Rusak Terlengkap - Printer saat ini menjadi salah satu peralatan kerja yang banyak digunakan banyak orang di berbagai sektor bidang pekerjaan. Tak hanya itu, bahkan printer juga banyak digunakan oleh para siswa untuk memenuhi berbagai tugas sekolahnya. 


 Alat ini memiliki fungsi untuk mencetak berkas ke dalam lembaran kertas yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan si pencetak. Namun begitu, printer merupakan alat yang cukup renta karena cukup mudah mengalami kerusakan.


Kerusakan yang biasa terjadi pada printer umumnya cukup, mulai dari macet, tinta tidak keluar, hingga terjadi permasalahan pada sistem sehingga tidak bisa digunakan untuk mencetak sama sekali.

Berbagai kerusakan yang terjadi pada printer tentunya bisa diperbaiki. Untuk bisa menggunakan printer secara normal, berikut adalah tips dan cara memperbaiki printer rusak segela printer yang dijamin ampuh. 


1.Memperbaiki Printer Macet

Memperbaiki Printer Macet

Printer macet memang sering membuat banyak orang kesal. Nah kerusakan ini adalah salah satu kerusakan yang paling banyak dialami oleh berbagai jenis printer.

Macetnya printer umumnya terjadi karena banyak hal. Untuk dapat memperbaikinya, tentu Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu tentang penyebab macetnya printer tersebut. Berikut ini adalah cara memperbaiki printer rusak berdasarkan penyebabnya.


  • Printer Macet Karena Cartridge Tidak Terpasang dengan Baik


Salah satu komponen penting dalam printer adalah catridge. Cartridge adalah suatu komponen yang berfungsi untuk menyimpan, mengatur, serta mengeluarkan tinta untuk pencetakan. Catridge yang tidak terpasang dengan baik bisa membuat printer menjadi macet sehingga tidak berfungsi. 


Untuk memperbaiki printer macet akibat catridge yang tidak terpasang dengan baik, yang perlu Anda lakukan adalah mengecek posisi komponen tersebut. Pengecekan komponen bisa Anda lakukan dengan melepas dan memasang alat tersebut sehingga mendapatkan posisi yang pas. 


Setelah mengatur ulang posisi catridge, segera uji cobakan printer Anda untuk mencetak suatu dokumen. Apabila dokumen tersebut bisa tercetak dengan baik, maka cartridge sudah terpasang dengan baik. Namun, apabila hasil cetak belum baik, maka Anda dapat mengulangi pengaturan posisi catridge hingga mendapat posisi yang pas. 


  • Printer Macet Karena Cartridge Kotor


Cartridge kotor ternyata dapat langsung mempengaruhi performa printer. Printer yang memiliki catridge kotor akan membuat kerusakan pada printer. Kerusakan yang biasa terjadi pada printer dengan cartridge kotor adalah sering mengalami macet pada saat digunakan. 


Tips dan Cara memperbaiki printer rusak akibat catridge kotor sangat mudah untuk dilakukan. Untuk membersihkannya, Anda dapat melakukan head cleaning. Langkah pertama dalam melakukan head cleaning adalah membuka menu maintenance printer yang dapat diakses dari bagian Control Panel. Setelah itu, pilih menu cleaning. Ulangi langkah tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali.


Langkah mudah di atas dapat Anda lakukan tanpa harus membongkar printer. Namun, apabila hasil head cleaning dirasa belum sempurna, maka yang harus Anda lakukan adalah mengelap komponen catridge menggunakan tisu basah. 


  • Printer Macet Karena Driver Printer Bermasalah


Penyebab lain permasalahan printer macet yang umum ditemukan adalah driver printer yang bermasalah. Driver merupakan kunci agar Anda bisa melakukan cetak dokumen dari laptop atau komputer melalui printer.


Setiap printer memiliki drivernya masing-masing yang harus diinstal sebelum melakukan pencetakan. Driver ini biasa didapatkan pada saat pembelian printer sehingga yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan driver tersebut ke komputer atau laptop Anda. 


Apabila terjadi permasalahan pada driver yang menyebabkan printer macet, terdapat cara mudah untuk memperbaikinya. Tips Cara memperbaiki printer rusak karena driver bermasalah ini bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa bantuan seorang teknisi. Untuk memperbaikinya, yang perlu Anda lakukan adalah me-install ulang driver printer Anda. 


Setelah melakukan install ulang driver printer Anda, cobalah untuk mengeceknya dengan melakukan pencetakan dokumen. Apabila dokumen berhasil dicetak, maka masalah printer rusak akibat driver printer bermasalah sudah terselesaikan.


  • Printer Macet Karena Paper Jam


Kerusakan pada printer yang paling sering terjadi adalah paper jam. Paper jam terjadi ketika terdapat benda, umumnya kertas yang tersangkut di dalam printer.


Tersangkutnya kertas di dalam printer bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah kertas yang digunakan untuk mencetak tidak memiliki potongan yang rapi. Selain itu, penyebab lainnya yang kerap ditemukan adalah posisi kertas yang tidak pas pada saat diletakkan di dalam printer. 

BACA JUGA  :cara cleaning printer hp ink tank 315

Mengatasi paper jam pada printer sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda tidak perlu memanggil teknisi untuk menyelesaikan masalah kerusakan ini. Untuk dapat mengeluarkannya, Anda dapat membuka casing printer.


Cara membuka casing printer biasana berbeda-beda, bergantung pada merek dan tipe printernya. Namun, biasanya cara membuka casing sangat mudah untuk dilakukan.


Setelah membuka casing, Anda harus mengecek ke dalam printer apakah terdapat kertas yang menyangkut. Apabila Anda sudah menemukan kertasnya, maka Anda harus segera mengeluarkannya. Anda dapat mengeluarkan kertas tersebut dengan menarik secara perlahan sehingga kertas akan keluar dengan aman tanpa merusak komponen printer. 


Untuk menghindari permasalahan ini terulang kembali, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Agar printer tidak mengalami paper jam, maka Anda harus memastikan kertas yang akan digunakan untuk mencetak tidak keriting ataupun menempel. 


  • Printer Macet Karena Tinta Kering

Printer Macet Karena Tinta Kering


Walaupun terdapat indikator tinta, tapi permasalahan tinta kering ini ternyata juga dialami oleh beberapa orang. Umumnya permasalahan ini terjadi apabila printer tersebut sudah tidak lama digunakan. 


Permasalahan macetnya printer akibat mengeringnya tinta di daerah lubang penyemprotan tinta head cartridge juga harus diperbaiki. Tips dan cara memperbaiki printer rusak akibat tinta mengering dapat dilakukan dengan mudah.


Anda dapat melakukan deep cleaning printer secara otomatis yang dapat diakses melalui driver printer yang terpasang pada laptop atau komputer. Selain dilakukan secara otomatis melalui driver printer pada komputer atau laptop, Anda juga bisa memperbaikinya secara manual. 

BACA JUGA : cara mengisi tinta printer hp

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka casing printer. Setelah itu, lepas komponen catrdige dengan hati-hati tanpa harus menyentuh chipnya. Agar ujung catridge tidak kering, celupkan bagian tersebut ke dalam air hangat.


Angkat cartridge tersebut kemudian goyangkan perlahan. Amati komponen tersebut hingga tinta yang ada pada ujung catridge nampah cair. Keringkan dengan tisu atau lap, kemudian pasanglah kembali komponen tersebut ke printer. 


Apabila, printer Anda telah jarang digunakan, maka lebih disarankan untuk menggunakan cara manual. Hal ini karena cara manual terbukti lebih ampuh untuk mengatasi permasalahan printer macet akibat tinta kering akibat lama tidak digunakan. 


  • Printer Macet Karena Roll Penarik Kertas Rusak

Printer Macet Karena Roll Penarik Kertas Rusak


Seperti yang diketahui, rol atau gulungan printer memiliki fungsi penting pada printer. Komponen ini berfungsi menarik kertas sehingga berkas yang dicetak dapat keluar dengan sempurna. Namun, apabila komponen penting ini mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan gangguan pada printer Anda. 


Tips dan cara memperbaiki printer rusak akibat roll penarik kertas yang bermasalah yakni dengan memastikan kondisi printer, khususnya pada bagian roda penarik kertas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuka cover printer dan mengecek jalur keluar masuknya kertas.


Pada saat pengamatan jalur keluar masuknya kertas, perhatikan bagian roda dan lakukan pengecekan apakah terdapat kerusakan seperti patah, bengkok, ataupun tersumbat. 


Apabila Anda menemukan bagian roda penarik kertas yang patah, maka Anda harus segera menggantinya. Namun apabila kerusakan yang terjadi berupa bengkok atau tersumbat, maka yang perlu dilakukan adalah membawanya ke teknisi.


  • Printer Macet Karena Mencapai Batas Jumlah Pencetakan


Walaupun jarang ditemukan, tapi printer macet akibat telah mencapai batas jumlah pencetakan juga ditemui oleh beberapa pengguna loh. Masalah ini biasa ditemui di perkantoran yang memiliki tugas untuk mencetak banyak dokumen dalam satu waktu. 


Apabila Anda salah satu orang yang menjumpai permasalahan ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan software resetter. Software ini dapat ditemukan di internet sehingga mudah untuk mencarinya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan software ini secara gratis. 


 2.Memperbaiki Printer Tidak Merespon Perintah Print

Memperbaiki Printer Tidak Merespon Perintah Print

Apabila Anda sering menggunakan printer, maka masalah printer tidak merespon perintah print pernah Anda jumpai. Bisa dikatakan, hal semacam ini juga cukup sering dijumpai. Oleh karenanya, apabila Anda menjumpai kasus seperti ini, Anda tidak perlu panik terlebih dahulu. 


Secara umum, permasalahan ini bisa terjadi karena dua hal, yakni terdapat masalah pada printer serta terdapat masalah pada sistemnya. Agar bisa mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan, baik melalui laptop atau komputer ataupun langsung melakukan pada printer. Berikut adalah tips cara memperbaiki printer rusak berupa tidak merespon perintah print.


  • Mencabut Kabel USB Printer dan Memasangnya Kembali


Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada kabel USB printer. Cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak harus memerlukan tips khusus. Anda hanya perlu mencabut kabel USB printer yang dilanjutkan dengan memasang kembali kabel tersebut.


Pastikan kabel terpasang dengan benar dan kencang sehingga printer dapat beroperasi dengan baik. Ulangi langkah-langkah tersebut minimal sebanyak tiga kali kemudian coba tes kembali printer Anda. 


  • Menginstal Driver Printer


Setiap printer pasti memiliki driver yang mesti diinstal pada komputer atau laptop. Biasanya driver bisa ditemukan di DVD driver bawaan ataupun website resmi dari merk printer Ana.


Driver ini memiliki fungsi yang sangat penting karena tanpa driver ini, printer tidak akan bisa digunakan. Layaknya jembatan, software ini lah yang menjadi penghubung antara printer dan komputer. Oleh karena itu, apabila driver bermasalah, maka perintah print dari komputer tidak akan tersampaikan ke printer.


Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu dilakukan adalah membuka Device Manager yang dapat Anda temukan di menu pencarian Windows Anda. Setelah berhasil membuka, carilah perangkat printer yang sudah terhubung ke komputer Anda. Klik kanan pada icon printer tersebut, lalu pilih uninstall this device. Segera restart komputer Anda dan silahkan install kembali drivernya. 


  • Reset Printer


Cara mudah ketiga yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan teknisi adalah dengan melakukan reset pada printer. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu menekan beberapa tombol printer saja dan masalah dapat terselesaikan.


Melakukan reset pada printer akan membuat printer kembali ke pengaturan awal sehingga dapat menghilangkan error-error yang terjadi pada printer. Cara ini juga menjadi salah satu tips dan cara memperbaiki printer rusak, yakni tidak merespon perintah print. Opsi ini biasa dilakukan ketika Anda sudah me-install ulang driver printer tetapi belum bisa. 

 

Biasanya untuk dapat melakukan reset pada printer, setiap merek printer biasanya memiliki cara yang berbeda. Walaupun berbeda-beda, umumnya reset printer dapat dilakukan dengan memencet tombol tertentu yang ada pada printer.


 3.Mengatasi Hasil Print Bergaris Putus-Putus


Mengatasi Hasil Print Bergaris Putus-Putus

Siapa yang pernah mengalami hasil print bergaris putus-putus? Salah satu permasalahan yang umum terjadi pada printer ini ternyata cukup banyak mengganggu para penggunanya.


Tinta yang keluar bergaris putus-putus tentunya menurunkan kualitas hasil print. Tak hanya itu, apabila kasusnya parah, maka tulisan atau gambar yang diprint menjadi tidak terbaca dan terlihat. 

BACA JUGA : cara mengatasi tinta warna printer tidak keluar canon ip2770

Masalah gagal cetak ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari encoder yang kotor, tinta printer kotor serta menggumpal, terjadi penyumbatan pada selang infus, hingga head cartridge yang telah rusak.


Untuk memperbaiki gagal cetak, tentunya kita harus memperbaikinya sesuai dengan penyebab kerusakannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tips dan cara memperbaiki printer rusak bergaris putus-putus.

 

  • Encoder Motor


Encoder adalah komponen printer yang berfungsi sebagai sensor yang berguna pada saat pencetakan. Biasanya, komponen ini berada di bagian belakang catridge sehingga cukup rentan terkena cipratan tinta. Apabila sensor ini terkena tinta, maka akan mempengaruhi hasil print sehingga menjadi bergaris putus-putus. 


Apabila encoder pada printer Anda kotor, maka Anda dapat membersihkannya dengan mudah. Anda dapat mengelapnya menggunakan tisu secara perlahan agar komponen di dalamnya tidak rusak. Selain itu, terdapat cara lain untuk membersihkannya, yakni dengan menarik komponen tersebut lalu merendamnya menggunakan air hangat selama beberapa waktu. 


  • Tinta Kotor dan Menggumpal


Tinta printer yang kotor dan menggumpal ternyata juga dapat mempengaruhi hasil print dan menjadikanya bergaris putus-putus. TInta tersebut dapat menggumpal karena biasanya sudah lama tidak digunakan. Namun apabila permasalahan ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat memperbaiki printer Anda sendiri tanpa harus menghubungi teknisi. 


Tips dan cara memperbaiki printer rusak hasil bergaris karena tinta kotor adalah dengan merendam cartridge pada air alkohol kemudian tinta yang sudah tidak menggumpal disedot menggunakan suntikan.


Untuk menyedot tinta tersebut, Anda bisa menyedotnya dari bagian atas cartridge. Lakukan langkah-langkah tersebut hingga semua tinta bisa dikeluarkan dari cartridge. 


  • Penyumbatan Selang Infus


Adanya penyumbatan pada selang infus ternyata dapat membuat hasil print menjadi bergaris putus-putus. Untuk bisa mengatasinya, Anda bisa melakukan pembersihan selang dengan menggunakan cara dumper. Cara ini terbukti efektif untuk melancarkan aliran tinta yang tersumbat di dalam selang infus. 

BACA JUGA :cara mengisi tinta printer epson l3110

  • Head Catridge Rusak


Penyebab terakhir dari hasil print bergaris putus-putus adalah rusaknya head catridge. Selalu lakukan pengecekan pada cartridge untuk mencegah kerusakan pada head catridge. Apabila sudah terlanjur rusak, maka yang dapat Anda lakukan adalah membawa printer ke teknisi agar diganti dengan catridge baru. 


Itulah kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada printer. Apabila printer Anda mengalami kerusakan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik kemudian identifikasi sumber permasalahan tersebut.


Setelah itu, carilah referensi-referensi di internet tentang tips trik dan cara memperbaiki printer rusak yang mudah untuk dilakukan apabila dapat dibenahi oleh diri sendiri. untuk refernsi jangan lupa pantau terus diblog maswisnu.com untuk mendapatkan solusi masalah printer kalian. Selamat mencoba dan memperbaiki printer Anda. 

BACA JUGA : Cara service printer sendiri

 

Posting Komentar untuk " 5 Tips dan Cara Memperbaiki Printer Rusak Terlengkap, Dijamin Ampuh!"