Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramai Viewers, Inilah Tips Membuat Video Youtube untuk Pemula

Tips Memvideo-youtube-untuk-pemula


Maswisnu.com - Sebuah konten dapat berupa tulisan, audio, dan video. Konten yang disajikan dalam bentuk video memiliki daya tarik tersendiri dan cukup diminati banyak orang, contohnya seperti beragam video dalam Youtube. Di balik kesuksesan sebuah konten, tidak terlepas dari proses pembuatannya yang bisa dibilang tidak mudah. Berikut ini tips membuat video untuk pemula yang dapat diikuti agar konten Anda ramai penonton atau viewers.

Tips Membuat Video untuk Pemula

Buat Strategi dan Tujuan yang Ingin Dicapai

Strategi pertama yang perlu ditetapkan yaitu target audience, niche video, dan sebisa mungkin untuk memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap video. Dengan begitu, penonton akan lebih mudah mengenali akun Youtube Anda dari setiap video yang diupload. Strategi ini juga memungkinkan menarik subscriber

Tidak lupa juga untuk memperhatikan usia audience, kapan mereka biasa menonton, dan mengapa mereka mau menonton video Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mengenali calon penonton dan mempermudah dalam pembuatan, penyampaian, hingga promosi konten.

Agar lebih semangat dalam memproduksi konten, Anda juga dapat membuat daftar tujuan yang ingin dicapai. Misalnya ingin mencapai 1.000 subscriber dalam waktu 2 bulan. Jika tercapai, Anda dapat menambah tujuan berikutnya. Apabila ternyata tujuan belum tercapai, Anda bisa mengevaluasinya kembali. 

Tentukan Ide Konten

Pembuatan konten mungkin terlihat mudah, namun dalam kenyataannya tidak seperti yang dibayangkan. Mengapa? Karena Anda harus bisa menyatukan banyak ide yang berasal dari tren, isu, hingga suasana hati saat itu. Dengan menentukan topik konten, Anda akan lebih mudah dalam mencari ide.

unsplash.com

Mind mapping, merupakan salah satu cara untuk menemukan ide yang cocok dan menyatukan berbagai ide yang ada. Contohnya, topik yang ingin diambil adalah seputar wisata atau travel. Dari topik tersebut, akan ada berbagai turunan ide lainnya apakah wisata dalam negeri atau luar negeri, ciri khas apa yang dimiliki oleh destinasi tersebut, fasilitas apa saja yang tersedia, dan seterusnya.

Siapkan Peralatan

Bagi pemula, memulai dengan sesuatu yang dimiliki akan lebih baik daripada harus membeli peralatan terbaru yang canggih. Viewers tidak peduli dengan peralatan yang kamu pakai selama konten yang dihasilkan dapat dimengerti, pesan dapat tersampaikan, tampilan konten dapat dilihat dengan jelas. Hal utama adalah peralatan yang Anda gunakan dapat merekam video dan audio. Namun, jika Anda ingin memberi modal pada tahap awal pun tidak ada salahnya, yang perlu disiapkan adalah tripod, microphone, audio recorder, lampu tambahan, dan kamera.

Rekam, Edit, dan Unggah Konten

Tips membuat video untuk pemula yang berikutnya adalah  take action untuk menjalankan semua ide yang sudah dirancang sebelumnya. Proses pembuatan konten mungkin akan cukup lama karena bisa saja terjadi pengulangan beberapa kali. Setelah memiliki stok video yang cukup, Anda dapat beralih ke tahap selanjutnya yaitu mengedit video.

unsplash.com

Kumpulan video dari hasil rekaman akan dijadikan satu dalam proses editing. Proses mengedit dimulai dari menggabungkan kumpulan video, menyesuaikan audio, menambahkan background music hingga efek. Agar semakin menarik, tambahkan video untuk opening, video utama, dan closing. Tahapan ini juga perlu didukung dengan adanya aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula

Jika konten yang Anda sajikan berupa tutorial sebuah aplikasi, Anda juga membutuhkan sebuah aplikasi screen recorder terbaik untuk Youtuber. Pastikan aplikasi mengedit dan screen recorder dapat diakses secara gratis jika Anda masih memiliki modal yang minim. Namun, apabila ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat menggunakan aplikasi berbayar.

Setelah tahap editing selesai, video pun siap untuk di-upload ke akun channel Youtube Anda. Agar video mudah ditemukan oleh orang lain, gunakanlah judul yang menarik, thumbnail unik, dan lengkapi juga dengan deskripsi. Agar lebih ramai penonton, jangan lupa untuk mempromosikan video Anda ke berbagai media sosial yang dimiliki.

Itulah tips membuat video untuk pemula yang dapat Anda ikuti agar ramai penonton. Caranya terlihat mudah bukan? Mungkin awalnya Anda akan merasa sedikit kesulitan, namun jika sudah terbiasa akan lebih mudah. Selamat mencoba!