Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Pro? Berikut Penjelasannya

 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Windows 11? Berikut Penjelasannya
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Pro? 

Kelebihan dan Kekurangan windows 11 pro - Pada tanggal 24 Juni 2021 lalu, Microsoft telah meluncurkan versi beta dari sistem operasi (OS) Windows terbarunya, yaitu Windows 11.

Dengan fitur yang lebih canggih, dan juga memiliki tampilan yang lebih baik, Windows 11 pastinya akan memiliki kinerja yang lebih optimal daripada sesepuhnya.

Versi baru dari Windows ini direncanakan akan diluncurkan sekitar bulan November nanti. Selain itu, para pengguna yang sudah memiliki lisensi resmi Windows 10 juga bisa mengupdate-nya ke Windows 11 secara gratis.

Baca juga: VivoPatenkan Desain Kamera Terbang ala Drone, Seperti Apa ya?

 

Kelebihan Windows 11 Pro

Karena merupakan versi yang lebih baru dari Windows 10, Windows 11 ini pastinya membawa banyak kelebihan dari pada pendahulunya itu. Berikut daftar beserta penjelasannya.

1.    Perubahan grafis

Bisa dibilang, Windows 11 ini membawa perubahan yang sangat besar dari segi grafis. User interface yang akan dirasakan pengguna pasti akan berbeda dengan versi yang sebelumnya.

Setidaknya, ada beberapa daya tarik besar dari Windows 11 bagi penggunanya. Diantaranya adalah layar login yang mengambang, taskbar baru yang didesain ulang, ikon yang lebih segar, kursor yang adaptif, dan yang lainnya. Tentu saja semua hal baru tersebut bisa menjadi daya tarik yang lebih kuat bagi pengguna.

2.    Mode tablet

Microsoft akan membekali Windows 11 dengan mode tablet yang lebih intuitif, dengan banyak cara untuk berinterkasi dengan layar seperti layar sentuh, pengetikan suara, pena digital, dan pengetikan keyboard kustom. Hal tersebut sepertinya sebagai bentuk penebusan dosa Microsoft akibat mode tablet Windows 10 yang dinilai buruk sampai menjadi kontroversi.

Selain itu, toko aplikasi Windows 11 terbaru juga akan dirilis. Hal itu bisa membuat pencarian film dan aplikasi di Microsoft Store akan lebih mudah.

3.    Bisa menjalankan aplikasi android

Selama bertahun-tahun, aplikasi seperti BlueStack dan Nox telah lebih dulu menciptakan teknologi untuk menjalankan aplikasi android di Windows. Tapi sekarang, Windows 11 akhirnya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi android seperti yang biasa kita lakukan di smartphone. Hal ini tentunya merupakan kelebihan yang cukup signifikan bagi Windows 11.

 

Kekurangan Windows 11 Pro

1.    Pengguna bisa saja sulit beradaptasi

Dengan semua fitur baru dan tampilan antarmuka yang berbeda dari versi sebelumnya, hal tersebit bisa membiat pengguna menjadi sulit beradaptasi.

2.     Masalah dukungan

Windows 11 membutuhkannya setidaknya ruang kosong 64 GB. Hal itu terbilang besar, dan mungkin banyak pengguna sulit percaya bahwa Windows 11 ini akan lebih cepat.

Meskipun gratis untuk pengguna yang sudah memiliki lisensi resmi Windows 10. Tapi, masalah lain bisa saja muncul. Contohnya seperti syarat minimun hardware yang harus dipenuhi. Komputer setidaknya harus memiliki versi keamanan TPM 1.2 , dukungan Secure Boot capable, prosesor yang memiliki inti 2 atau lebih dengan clock speed 1 GHz.


Baca juga:  TecnoSpark 7 Pro, Smartphone 1 Jutaan dengan Kamera 48 MP

 

3.    Masalah pada OS bisa saja terjadi

Karena merupakan OS baru, Windows 11 mungkin belum terlalu sempurna, dan masih banyak bug. Hal tersebut tentunya harus membuat pengguna mencari cara untuk menyelesaikannya. Tapi, semoga saja pihak Microsoft sudah siap dengan semua itu, dan sudah mempersiapkan banyak ahli IT terlatih untuk mengatasi masalah pada Windows 11.

 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Windows 11 Pro. Karena belum dirilis secara penuh, daya di atas sepertinya belum sempurna dan masih banyak yang harus ditambahkan. Jika kamu mendapatkan info lainnya, silahkan taruh di kolom komentar. cari informasi tentang windows 11 di blog maswisnu.com. Nantikan Pembahasan tentang windows 11 Pro selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel