Mengapa Tampilan Error Windows 11 Tak Lagi Berwarna Biru, Kenapa?

 

Tampilan Error Windows 11 Tak Lagi Berwarna Biru, Kenapa?

Tampilan Error Windows 11 Tak Lagi Berwarna Biru - Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 24 Juni 2021, Microsoft meluncurkan sistem operasi terbarunya bagi Windows, yaitu Windows 11.

Menurut kabar, pembaruan sistem operasi (OS) Windows 11 ini bisa didapatkan oleh pengguna lisensi resmi Windows 10 pada bulan November sampai September mendatang.

 

Tentunya pembaruan Windows 11 memiliki beberapa kelebihan daripada Windows versi sebelumnya. Contohnya seperti tampilan antarmuka yang diperbarui agar lebih menarik.


Baca juga: ApaSaja Kelebihan dan Kekurangan Windows 11? Berikut Penjelasannya


Tapi, ada yang unik dari Windows 11 ini, yaitu layar tampilan error nya yang tak lagi berwarna biru seperti sistem operasi (OS) Windows sebelumnya.

Bagi pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, mungkin sudah tak asing lagi dengan saat error atau crash. Akan muncul layar berwarna biru yang didalamnya ada teks yang merupakan penjelasan.

Hal ini tentunya merupakan perubahan cukup besar yang dilakukan Microsoft pada layar error nya.

Seperti dilansir dari The Verge (5/7/2021), Sebelumnya pada tahun 2012 lalu, Microsoft menabahkan emoji sedih pada Windows 8.

Tampilan Error Windows 11 Tak Lagi Berwarna Biru

Selain itu, QR code yang ada pada layar error itu juga baru ditambahkan pada tahun 2016 lalu. Sepertinya hal ini untuk mempermudah pengguna dalam mencari solusi dari permasalahan yang dialaminya.

Sejak pertama kali ditampilkan di Windows 3.0 pads tahun 1990 lalu, warna latar BSOD tetap berwarna biru bahkan sampai Windows 10 dirilis.

Sekarang, tampilan yang biasanya disebut dengan BSOD (Blue Screen of Death) berubah latar warnanya menjadi hitam.

Belum ada alasan pasti kenapa Microsoft mengubah tampilan error nya menjadi berwarna hitam.

Tapi, dilansir dari Kompas Tekno (5/7/2021), perubahan layar error ini konon untuk mencocokkan layar BSOD dengan tampilan login dan shutdown pada Windows 11, yang berwarna hitam.


Baca juga: VivoPatenkan Desain Kamera Terbang ala Drone, Seperti Apa ya?


Itulah penjelasan mengenai layar error Windows 11 yang dikenal dengan BSOD, berubah dari yang tadinya hitam, menjadi biru.

Sepertinya pada Windows 11, Microsoft ini akan menghadirkan banyak hal yang baru, baik dari fitur, maupun tampilannya. Kita tunggu saja kehadiran secara penuhnya, dan pastikan pantau terus di blog maswisnu.com, jika ingin mencobanya, kamu bisa juga mencoba menggunakan Windows 11 preview dengan cara mendownloadnya di website Windows Insider.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel