Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Edit Thumbnail Youtube dengan Snapseed





maswisnu.com - Snapseed adalah salah satu Aplikasi yang Wajib Dimiliki Youtuber Pemula yang tersedia di Google Play Store. Dengan berbagai kelebihannya, banyak orang menggunakannya untuk edit snapseed. Lantas bagaimana Cara Edit Thumbnail Youtube dengan Snapseed? Simak penjelasannya di sini. 

Sekilas Tentang Snapseed

Menjadi bagian dari Google, Snapseed adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda andalkan untuk mengedit thumbnail yang menarik. 



Aplikasi ini cukup populer dan banyak digunakan, selain dapat diunduhnya secara gratis melalui Google Play Store, Snapseed ini menawarkan berbagai fitur unggulan yang tidak kalah menarik.


Agar fiturnya semakin lengkap dan lebih luas, Anda pun berlangganan Snapseed Pro. Dengan demikian thumbnail yang Anda buat semakin menarik perhatian pengguna. 


Thumbnail sendiri adalah kuncinya konten untuk mendapatkan klik dari para pengguna Youtube, semakin menarik maka semakin besar peluang klik.


Meskipun tak melakukan langganan, Anda pun bisa membuat foto thumbnail yang tak kalah menarik.

Cara Edit Thumbnail Youtube dengan Snapseed

Mengedit Thumbnail dengan Snapseed terbilang cukup mudah dan sangat sederhana. Jika perangkat Anda telah terpasang aplikasi Snapseednya, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Masuk ke Laman Galeri

Pertama, Anda bisa pergi ke laman galeri terlebih dahulu. Di laman ini silahkan Anda cari dan pilih galeri yang akan Anda jadikan Thumbnail atau sampul konten video Youtube Anda.


  1. Unggah Foto ke Snapseed

Unggah foto tersebut dengan membagikan atau share ke aplikasi Snapseed. Setiap perangkat smartphone memiliki cara tersendiri dalam melakukan share foto, Anda bisa melakukannya dengan menyesuaikan perangkat Anda ya.


  1. Crop Foto

Istock.com


Setelah berhasil diunggah dan foto tampil di aplikasi Snapseed, Anda bisa langsung melakukan crop 

foto untuk menyesuaikan ukuran thumbnail dengan video Youtube. Umumnya ukuran video Youtube ini adalah 16 X 9. 


Anda bisa melakukan crop atau potong foto dengan klik ikon berupa pensil lalu klik crop/potong. Silahkan pilih bagian foto yang dipotong sesuai keinginan Anda sendiri. Jika sudah selesai, Anda bisa klik centang.


  1. Atur Kesuaian Foto

Untuk mengatur kesesuaian atau keseimbangan foto agar terlihat menarik Anda bisa memutar foto tersebut terlebih dahulu dengan fitur 'putar' jika sudah dirasa pas barulah klik centang.


Sebelum menambahkan teks, Anda bisa mengatur pencahayaan atau menambahkan filter pada foto thumbnail tersebut agar tampilannya semakin terlihat lebih fresh dan menarik.



  1. Tambahkan Teks

Setelah foto dirasa sudah pas, Anda bisa menambahkan teks yang mendeskripsikan isi konten video Anda. Penambahan teks ini berguna untuk memikat daya tarik audiens.



Unsplash.com


Untuk menambahkan teks, Anda bisa klik opsi pensil lalu klik teks. Klik dua kali untuk memasukan teks. Jika Anda bingung mengenai teks deskripsi, nama judul video bisa Anda jelaskan.


Jangan lupa atur fontnya, baik itu dari segi gaya font, warna font ataupun ukuran font dengan tab fitur di bawah layar. Editlah dengan kemampuan Anda untuk menciptakan desain yang semenarik mungkin.


Untuk mengatur besar atau kecilnya font, Anda bisa menggunakan dua jari. Jika ingin menambahkan teks lagi, Anda bisa klik fitur teks dan atur lagi. Klik centang atau oke jika sudah selesai edit.


Jika dirasa editan Anda sudah cukup silahkan klik selesai dan simpan foto. Barulah Anda bisa mengunggah foto thumbnail tersebut ke konten youtube Anda.


Demikianlah penjelasan langkah-langkah cara edit thumbnail Youtube dengan Snapseed secara mudah. Selain fitur dari Snapseed, Fitur Filmora untuk Edit Video Youtube cukup bagus untuk mendukung konten Anda.