Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Aplikasi yang Wajib Dimiliki Youtuber Pemula Agar Sukses!

 Aplikasi Yang Wajib Dimiliki YouTuber pemula


Maswisnu.comSeiring zaman digitalisasi yang semakin berkembang, menjadi seorang Youtuber memang hal yang cukup menjanjikan. Namun untuk berada di puncak atas, tidak semudah yang Anda bayangkan. Maka dari itu Anda bisa memulai dari aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula  yang dapat membantu Anda membuat konten menarik dan berkualitas.

Aplikasi yang Wajib Dimiliki Youtuber Pemula 

Jika Anda ingin memulai menjadi konten kreator youtube dari nol, setidaknya sejumlah aplikasi di bawah ini wajib Anda ketahui dan dimiliki untuk menciptakan konten terbaik!

  1. Inshot

Inshot adalah aplikasi edit video gratis yang cukup populer, saking populernya aplikasi ini telah diunduh hingga 100 juta kali unduhan. Tampilannya yang sederhana membuat Anda selaku pemula bisa mengoperasikannya untuk edit video secara mudah.


Aplikasi edit paling laris ini kerap kali direkomendasikan oleh Vlogger Profesional. Hal ini karena Inshot memiliki banyak fitur andalan. Mulai dari fitur dasar hingga fitur lanjutan.


Antara fitur-fitur yang banyak digunakan adalah:

  • Trim Video yang berguna untuk memotong video.

  • Kecepatan yang dapat Anda gunakan untuk mengubah Speed atau kecepatan video baik semakin cepat atau lambat.

  • Fitur efek suara yang dapat Anda gunakan untuk menambah efek suara dan musik, 

  • Teks yakni fitur untuk menambah teks.

  • Filter dan efek gambar yang dapat mempercantik video Anda, terutama fitur efek bokeh atau buram yang membuat gambar menjadi lebih estetik



Selain dari fitur-fitur tersebut, Anda masih bisa menemukan jenis fitur lainnya di Inshot untuk menciptakan video yang keren dengan bermodalkan smartphone.


Iya Aplikasi ini bisa Anda unduh dan akses melalui perangkat Android. 

  1. Youtube Studio

Dari namanya bisa Anda tebak bahwasannya Youtube Studio adalah bagian dari Youtube. Memang Youtube ini adalah Aplikasi resmi dari YouTube. Nah bagi para pemula, Mengenal Aplikasi Youtube Studio wajib dilakukan.


Pada dasarnya, Youtube Studio adalah aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula  yang berguna untuk memantau channel Youtube Anda. Di mana Anda bisa melihat beberapa data sebagai bahan evaluasi nantinya, biasanya berupa informasi pergerakan angka subscriber, statistik channel, komentar setiap konten hingga jadwal video.


Dengan demikian Anda bisa dengan mudah memantau perkembangan channel Anda. Jika menurutnya ada masalah, hasil pemantauan ini bisa dijadikan bahan evaluasi.


Selain dari itu para user Youtuber pemula pun dapat menggunakannya untuk edit video dengan mengubah Thumbnail pada setiap video yang telah diupload. Cara untuk melakukannya yakni hanya dengan membuat thumbnail video yang diinginkan, kemudian upload ke video Youtube dengan aplikasi ini.


Tampilannya yang didesain sedemikian rupa hingga memiliki User Interface yang ramah bagi pengguna, Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah untuk kebutuhan tersebut.


Jadi jangan lewatkan untuk mengunduhnya di Google Play Store ya!

  1. Snapseed

Thumbnail adalah komponen penting Youtube yang dapat menarik perhatian pengguna atau audiens lain.


Sederhananya Thumbnail merupakan tampilan display yang dimiliki oleh Konten Youtube yang diolahnya dengan semenarik mungkin. Dengan demikian dapat mengundang perhatian penonton Youtube.


Salah satu cara editnya yakni dengan cara edit Thumbnail Youtube dengan Snapseed.

Snapseed sendiri merupakan aplikasi khusus yang dirancang oleh Google untuk mengedit thumbnail konten video agar menjadi lebih menarik.


Setidaknya Snapseed telah menyediakan sebanyak 29 buah fitur edit video dan foto yang bisa Anda manfaatkan untuk mengedit Thumbnail tersebut.


Aplikasi ini tidak boleh Anda lewatkan jika ingin membuat Thumbnail yang menarik. Unduh sekarang juga aplikasinya melalui Google Playstore!


  1. Cinema FV-5

berbeda dengan aplikasi sebelum-sebelumnya, Cinema FV-5 adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat video berkualitas.


Unsplash.com



Dengan Cinema FV-5 Lite, Anda bisa merekam video dengan dukungan fitur unggulan yang keren-keren tentunya. Berkat dukungan fitur di dalam aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai keunggulan merekam Video Youtube dengan Cinema FV-5, salah satunya bisa menghasilkan rekaman yang bagus dan jernih.


Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan di aplikasi Cinema FV-5 yakni Anda bisa melakukan perekaman video dengan baik mulai dari:


  • Melakukan pengaturan fokus kamera

  • Mengatur efek atau suara

  • Mengatur auto balance, auto exposure, controlling sensor gambar, hingga perluasan gambar yang akan direkam.


Aktivitas-aktivitas ini tentunya didukung dengan segudang fitur andalan mulai dari fitur focus mode dan white balance, exposure compensation, light metering mode hingga ISO. Bahkan, Anda pun bisa memanfaatkan Cinema FV-5 Lite untuk menghasilkan video yang beresolusi 4K.


Dengan kelengkapan fiturnya, Anda bisa langsung menguploadnya ke Channel Youtube Anda.


Uniknya lagi Cinema FV-5 memiliki ukuran yang sangat ramah penyimpanan yakni hanya 3 MB saja. 


  1. Lexis Audio Editor

Seperti nama aplikasinya Lexis Audio Editor ini merupakan aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula yang tidak boleh terlewatkan untuk mengedit suara dalam video.


Pada dasarnya Lexis tidak hanya berfungsi untuk mengedit suara saja tetapi juga Fungsi Aplikasi Lexis Audio Editor untuk merekam audio serta menambahkan trek audio yang ada.


Dengan berbagai fitur andalan yang ditawarkan oleh Lexis, Anda bisa menciptakan efek suara yang unik dan menarik.


Salah satu fitur unggulannya adalah Noise Reduction yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas suara yang telah dihasilkan oleh rekaman video. Tak hanya itu Amplifier dan Equalizer pun menjadi salah satu fitur andalan untuk meningkatkan kualitas audio video Anda.


Jenis format yang didukung oleh Lexis pun cukup beragam mulai dari jenis format audio mp3, m4a, wav, flac, aac, dan juga wma. Bahkan juga mendukung format video dalam mengedit audionya.


Dibandingkan mengeditnya melalui perangkat lunak Audacity, Anda bisa mendapatkan pengalaman edit audio yang lebih mudah saat menggunakan Lexis Audio Editor.


Tampilannya yang sekilas mirip dengan Audacity, tetapi pengoperasiannya cukup mudah dilakukan.


Untuk menggunakan aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.


  1. Az Screen Recorder

Az Screen Recorder merupakan aplikasi yang tidak kalah unik dan menarik untuk dimiliki dalam membuat konten video Youtube yang tidak kalah cantiknya.


Di mana Az Screen Recorder bisa Anda gunakan untuk merekam gambar dan suara dengan kualitas yang cukup bagus. Bahkan Anda pun bisa menggunakannya secara mudah terlebih saat Anda membuat tema konten video tutorial.


Az Screen menawarkan berbagai keunggulan salah satunya edit video tanpa adanya watermark, tidak terdapat iklan yang mengganggu, tidak ada batasan durasi rekam dan yang tidak kalah menarik adalah banyaknya fitur unik dan menarik di dalamnya.


Adapun aktivitas yang bisa Anda lakukan pada aplikasi ini adalah merekam suara dengan mic, menggunakan time lapse atau percepat video, serta fitur kualitas tinggi video mulai dari efek Full HD hingga QHD.


Tidak perlu khawatir soal size aplikasinya, sebab ukurannya hanya 16 MB tidak akan membuat ruang penyimpanan terasa berat.


  1. Filmorago

Filmorago adalah aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula yang berfungsi untuk edit video sama halnya dengan Inshot yang bisa Anda gunakan untuk mengedit konten video YouTube yang tidak kalah menarik dan unik.


Unsplash.com


Bahkan FilmoraGo menawarkan berbagai fitur yang cukup lengkap mulai dari ribuan musik, filter gambar, background unik dan keren hingga stiker yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat konten menarik.


FilemoraGo memiliki sejumlah fitur yang sangat menarik, ada 5 Fitur dari FilemoraGo yang harus anda Ketahui dan simple digunakan untuk mengedit video.


Tidak kalah lengkapnya dengan aplikasi editing lainnya, Fitur editing di Filmora pun cukup menunjang edit video Anda. 


Salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah penggabungan video, pemotongan video, kontrol kecepatan video, hingga ekspor video dengan kualitas terbaik seperti HD.


Filmora sendiri hadir dengan dua versi yakni versi biasa dan versi Pro. Adanya dua pilihan ini, Anda bisa memilihnya dengan sesuai kebutuhan Anda sendiri.


Dibandingkan yang biasa? Versi Pro memiliki fitur dengan performa cepat dan tentunya berbayar. Filmorago bisa Anda gunakan di perangkat PC maupun smartphone.


  1. Video To Photo

Umumnya Thumbnail yang menjadi sampul atau cover video Youtube dapat berupa scene bagian video tersebut yang tentunya menarik untuk memikat perhatian viewers.


Nah untuk mengambil salah satu momen atau scene pada video yang telah Anda unggah untuk dijadikan thumbnail, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Video to Photo ini.


Fungsi yang dimilikinya sangatlah unik, dimana  Video to Photo dapat melakukan converting dari video menjadi format foto.


Nantinya akan muncul sejumlah foto yang berisikan scene dari video. Di sini Anda cukup mengambil salah satu scene kiranya pantas untuk dijadikan thumbnail.


Di sini Anda bisa melakukan capture scene berdasarkan time interval atau time image.

  1. Platform Apk Canva

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasannya Thumbnail menjadi daya tarik tersendiri bagi konten video Youtube bahkan Thumbnail yang menarik dapat menjaring viewer yang lebih banyak.


Nah selain dengan mengeditnya menggunakan aplikasi Snapseed, Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi atau tepatnya platform APK Canva.


Canva bisa menjadi aplikasi andalan untuk membuat Thumbnail video dsn menggunakan dengan cepat, sebab desainnya sudah tersedia untuk siap pakai.


Bahkan di dalam aplikasi bernama Canva ini Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk thumbnail tetapi juga bisa membuat logo, edit gambar dan video hingga membuat brosur.


Dengan 60 ribu template dan 500 jenis font, membuat Anda lebih leluasa memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


  1. Intro Maker - Video Intro

Tidak cukup hanya mengedit audio video saja. Untuk membuat video semakin menarik Anda harus melengkapinya dengan menambahkan intro baik itu pada bagian pembuka ataupun penutup dari video.


Tentunya sebelum membuat intro atau outro pada aplikasi ini, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play Store.


Anda bisa membuat intro dan outro hanya bermodalkan smartphone dengan mengandalkan aplikasi ini.


Ada berbagai intro dan outro yang tersedia berdasarkan genre konten mulai dari tema daily vlog, food, gaming, live dan lain sebagainya.


Dengan ketersediaan berbagai template yang ada pada aplikasi Intro Maker, bisa dengan mudahnya menggunakan dan kustomisasi sesuai kebutuhan.


Bahkan jika tidak ada yang cocok Anda bisa membuatnya sendiri dari awal dengan aplikasi ini. Bagaimana? Sangat menarik bukan?


Setidaknya dari kesepuluh aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula  untuk membuat konten video youtube yang menarik. Singkatnya dari poin-poin tersebut Anda yang pemula membangun channel youtube harus memiliki 5 aplikasi yakni aplikasi edit video, edit record video, edit foto, aplikasi perekam video serta aplikasi analisis channel Youtube seperti Youtube Studio.


Memulai Channel Youtube Video untuk Pemula

Tidak hanya bermodalkan aplikasi-aplikasi saja, tetapi Anda yang ingin membangun channel konten Youtube dengan serius penting untuk mengenali tips dan trik memulai channel Youtube dengan sukses. Nah di bawah ini adalah cara memulai menjadi Youtuber pemula.


Unsplash.com

  1. Buat Akun dan Dukung Personalisasi Channel Youtube

Langkah pertama tentu saja Anda harus membuat akun channel Youtube Nya terlebih dahulu.


Anda bisa membuat nama channel yang relevan dengan konten yang akan diunggah, sehingga membuat audiens penasaran.


Pastikan pula untuk mengaktifkan fitur monetization untuk mendapatkan kompensasi tentunya dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Youtube itu sendiri.


Agar semakin terlihat profesional Anda harus membangun personalisasi yang baik. Salah satu triknya adalah dengan memasang YouTube Avatar  pada foto profil channel Anda dan menggunakan banner untuk membangun identitas channel yang lebih kuat. 


Jangan lupa isi deskripsi dengan teks informatif seperti gambaran singkat mengenai konten–konten yang akan Anda unggah.


  1. Buat Konten dengan Tema yang Sesuai Selera

Apakah Anda sebelumnya telah menentukan tema konten yang akan Anda unggah? Jika iya? Apa tema konten yang Anda buat? Ingat membuat konten menarik dimulai dari rasa keinginan Anda ya dari kesukaan atau selera Anda. Dengan demikian Anda bisa membuat konten yang mendalami sehingga dapat membuat pengunjung menonton konten Anda hingga selesai.


Baca Juga: Inilah Tips Membuat Video Youtube untuk Pemula


Memang sangat baik jika Anda membuat konten mengikuti tren, tetapi jika hal tersebut buat ketertarikan Anda, sudah pasti membuat kontennya pun akan terasa beban. Maka dari itu buatlah konten yang sesuai selera Anda.


Dengan sejumlah aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula, Anda akan terbantu membuat konten yang menarik dan berkualitas. 

  1. Lakukan Optimasi Konten


Lakukan optimasi konten untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Anda bisa membuat judul konten yang menarik serta menyisipkan keyword dalam permainan hastag. Dengan demikian, para pengguna Youtube akan mudah menemukan konten Anda.


Salah satu tips optimasi konten adalah dengan teknik SEO, Apa itu teknik SEO? Mungkin tidak asing bagi kalian teknik SEO ini dapat membuat penonton lebih banyak dan penghasilan YouTube bertambah, Berikut ini adalah teknik SEO yang bisa membuat konten anda jauh lebih Menarik, Selengkapnya di Cara Mengoptimalkan SEO Youtube agar Banyak Viewers


Kunci untuk bisa mengoptimasi konten adalah dengan memahami impression, views, watchtime dan analisis yang nantinya akan sangat menguntungkan untuk perkembangan channel Anda.


  1. Lakukan Promosi

Agar Anda bisa mendapatkan viewers dengan secara cepat dan tepat, Anda bisa melakukan promosi salah satunya dengan mengshare link channel atau konten Anda. 


Jangan merasa malu atau takut untuk melakukan promosi. Sebab tanpa melakukan promosi channel Youtube Anda tidak akan bisa berkembang dengan cepat.

  1. Peralatan YouTuber Pemula

Peralatan ibarat senjata untuk perang, bagi kamu Youtuber pemula harus punya alat perang yaitu peralatan youtuber meliputi kamera, komputer,lighting,treepod atau gimbal. terganung tema apa saja yang akan kamu ambil.

Bagi kamu pemula dan belum banyak modal tentu harus lebih hemat lagi agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, kecuali kamu punya modal besar untuk memulai jadi Youtuber.

Bagi Youtuber pemula dibidang vlog berikut ini adalah peralatan untuk

Peralatan untuk Memulai Vlog Youtube Pemula yang Wajib Anda Punya.

Salah satu peralatan penting bagi youtuber pemula adalah kamera, iya lah kaena untuk merekam gambar atau video tentu harus pakai kamera, baik itu kamera dari handphone/HP, kamera DSLR atau Mirolles atau Handycamp. 

Bagi kamu yang ingin memakai kamera, berikut ini adalah rekomendasi kamera untuk youtuber pemula maupun kelas menengah keatas hehe yang bisa anda jadikan rekomendasi.



Baca Selengkapnya:  5+ Kamera Murah untuk Youtuber Pemula yang Perlu Anda Miliki!



  1. Analisis dan Evaluasi

Jangan malas untuk melakukan analisis, jika kamu tidak ingin kalah bersaing dengan kompetitor channel lainnya!

Anda bisa melakukan analisis secara rutin di waktu senggang, Anda bisa memanfaatkan Youtube Studio untuk memantau perkembangan channel Anda. Lihat reaksinya bagian mana yang kurang dengan konten atau channel Anda.


Selain Youtube Studio Anda pun bisa mengenakan YouTube Analytics untuk mendapatkan data-data yang lebih lengkap sebagai bahan evaluasi. Semakin rajin mengevaluasi dan mengupgrade menjadi lebih baik semakin berkesempatan Anda menjadi Youtuber profesional.

Hal yang tidak kalah pentingnya lagi ialah selalu konsisten. 


Jangan gampang putus asa saat perkembangan channel Anda menurun atau itu-itu saja. Buatlah inovasi terbaru dan manfaatkan aplikasi yang wajib dimiliki Youtuber pemula untuk menjadikan Anda Youtuber profesional.


Kesimpulan

Dari uraian diatas banyak sekali alternatif peralatan maupun aplikasi dalam pembuatan Video Youtube bagi pemula, tipsnya adalah konsisten, ulet, dan eford waktu yang diluangkan untuk youtuber pemula sangatlah banyak, so jika kalian ingin menjadi Youtuber sukses dari nol, maka kerja keras tidak akan menghiyanati hasil, Tetap semangat dan perbanyak ilmu pengetahuan dibidang youtuber di tutorial youtube maswisnu.com